Kontribusi Desain Website dalam Membangkitkan Citra Destinasi Wisata: Efek dari Era Modernisasi

website1
website1

Pandemi Covid-19 dua tahun ini telah berdampak luas terhadap sektor ekonomi masyarakat, terutama bidang pariwisata. Beberapa tempat wisata berusaha bangkit dari keterpurukan ini.

Sehingga perlu upaya pemulihan pariwisata dengan melakukan sejumlah inovasi dan terobosan, salah satunya promosi yang gencar melalui internet.

Bacaan Lainnya

Perkembangan bidang Teknologi Informasi semakin dirasakan manfaatnya terhadap beberapa sektor industri, salah satunya adalah industri pariwisata.

Pariwisata merupakan industri yang membutuhkan penyediaan informasi yang beragam, dan hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan multimedia, teknologi komunikasi,dan sistem informasi.

Dengan demikian Teknologi Informasi merupakan salah satu fasilitas dari kemajuan teknologi di seluruh dunia termasuk Indonesia, fasilitas ini harus mudah untuk di akses oleh semua kalangan.

Teknologi Informasi juga akan sangat mempermudah dalam memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan.

Sebuah web juga harus dapat memberikan informasi yang berguna dan dibutuhkan oleh pengguna melalui konten yang ada pada sebuah web

Informasi Daya Tarik

Informasi daya tarik wisata yang ada dalam situs ini ditampilkan, bahkan terdapat pada halaman utama dan memiliki menu tersendiri untuk menampilkan informasi daya tarik ini. Keputusan memilih meliputi daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi, jenis akomodasi, cara bepergian, dan aktivitas yang akan dilakukan di daerah tujuan wisata

 Berita Pariwisata

Berita wisata yang ada di sebuah destinasi wisata, baik berita seputar kondisi alam nya, berita apa yang dapat dilakukan, rendahnya kasus Covid-19, keamanan objek wisata terutama dalam pencegahan penularan Covid-19, informasi hotel yang nyaman.

 Peta

Tersedia fitur peta yang menarik dalam situs ini, sebagai pertimbangan transportasi apa yang akan digunakan, dan memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.

 Produk dan souvenir local

Informasi lengkap mengenai produk-produk lokal seperti kuliner dan kerajinan tangan

 Dengan demikian kepuasan para pengunjung akan informasi yang dibutuhkan tergantung pada informasi yang tersedia dalam situs.

 Fitur Marquee Form dalam situs merupakan fitur yang bergerak sehingga situs ini terlihat lebih statis dan menarik perhatian, dikarenakan pada fitur ini terdapat gambar-gambar yang menarik, baik itu gambar mengenai sebuah event maupun paket promosi.

Gambar-gambar dalam fitur ini ketika kursor mouse berada tepat diatas nya akan berubah menjadi lambang tangan, dengan demikian itu menandakan bahwa gambar tersebut dapat diklik dan akan menampilkan informasi lebih detail mengenai gambar tersebut

 Kelengkapan akan sebuah destinasi wisata baik dari informasi lokasi, keadaan wilayah, fasilitas, harga, aktifitas apa yang dapat dilakukan, berita wisata, akomodasi apa yang ditawarkan, hal yang unik.

 

Bangkit Pambudi, Mahasiswa Pascasarjana, S2 Ilmu Manajemen dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan