museum1

Tahukah Anda, 12 Oktober Merupakan Hari Museum Nasional. Ini Sejarahnya

Setelah 17 tahun Indonesia merdeka, perhatian terhadap perkembangan permuseuman Indonesia mulai berkembang.

Baca Juga: Perkuat Password Agar Data Anda Tak Bocor

Tanggal 12-14 Oktober 1962 kali pertama diadakan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Pada pertemuan itu hanya dihadiri oleh sekitar 40 orang

Baca Juga: Kok Bisa, Pesawat Dakota  DC 3/T-463 Berada di Lanud J.B. Soedirman. Ini Riwayatnya

Para pimpinan dan tokoh museum, pemerhati, dan pecinta museum mengadakan sebuah musyawarah. Musyawarah itu juga dihadiri oleh Drs Moh Amir Sutaarga yang dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.

Baca Juga: Google Rayakan Bulan Kesadaran Keamanan Siber. Menekankan Pentingnya Tindakan Keamanan Ekstra

Kemudian, pada tanggal 26-28 Mei 2015, Sebanyak 250 pengelola museum di seluruh Indonesia berkumpul di Kota Malang, Jawa Timur untuk mengikuti menggelar pertemuan nasional Museum se-Indonesia

Pada MMI di Malang itu, diundang sejumlah narasumber, seperti kepala museum, pemerhati kebudayaan, pemerhati museum, komunitas, dosen, dan asosiasi museum. Mereka memaparkan momen-momen yang dianggap bersejarah bagi dunia permuseuman Indonesia.

Dalam pertemuan itu, para pengelola museum sepakat untuk menetapkan mendeklarasikan Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober.

Penentuan Hari Museum Nasional dengan pertimbangan mengacu momen bersejarah pertemuan MMI kali pertama di Indonesia yang diselenggarakan di DI Yogyakarta pada 1962.

Nah, itulah sejarah mengapa tanggal 12 Oktober ditetapkan sebagai Hari Museum Nasional.

Tidak lama setelah penetapan Hari Museum Nasional, pemerintah mendukung pengembangan dan pelestarian museum dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum.

Dalam peraturan tersebut tertuang pengertian museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memandaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan