Begini Caranya Kirim File Hingga 2 GB Melalui Whatsapp

Status “Online” WhatsApp Bakal Tak Bisa Terlihat

Status ‘online” biasanya bisa dibaca pengguna lain ketika membuka ruang obrolan (chatroom) salah satu kontak.

Status “online” akan muncul tepat di bawah nama kontak.

Pengguna bisa melihat status online milik kontak lain saat si pemilik kontak membuka aplikasi WhatsAapp, baik ketika sedang chatting, scrolling beranda WhatsApp, atau saat membuat Status WhatsApp.

Akan tetapi, sebagian pengguna WhatsApp lebih menyukai bila status “online” tersebut tidak terlihat oleh pengguna lain.

Sehingga, pengguna lain tidak perlu mengetahui apakah dirinya sedang membuka WhatsApp atau tidak.

Kabar soal uji coba fitur untuk menyembunyikan status “online” di WhatsApp diungkap situs WABetaInfo, yang kerap membocorokan calon fitur baru WhatsApp sebelum resmi dirilis.

Menurut WABetaInfo, fitur menyembunyikan status online WhatsApp akan digelontorkan untuk pengguna Android, iOS, dan desktop di masa mendatang.

Bocoran fitur menyembunyikan status online Whatsapp WABetaInfo mengunggah tangkapan layar (screenshot) fitur untuk menyembunyikan status online di Whatsapp versi iOS.

Opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp ada di menu “Privasi” yang bisa diakses lewat setelan (setting) > akun (account) > privasi (privacy) > terakhir dilihat (last seen) & online”.

Lalu, di laman pengaturan “last seen & online”, pengguna akan menemui sub menu, yaitu “who can see my last seen” (siapa yang dapat melihat ‘terakhir dilihat’ saya) dan “who can see when I’m online” (siapa yang dapat melihat saat saya aktif (di Whatsapp)).

Pada fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan kapan terakhir kali dia “online”.

Ada empat pilihan yang tersedia, yakni “Everyone” berarti semua pengguna dapat melihat waktu terakhir Anda aktif, “My Contacts” yaitu hanya nomor kontak yang pengguna simpan, dan “My Contacts Except …” mengecualikan beberapa nomor kontak lebih spesifik.

Sementara opsi terakhir adalah “Nobody” yang berarti tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna lain membuka WhatsApp.

Nah, untuk kolom kedua, pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online ketika dia sedang aktif. Pilihan yang tersedia ada dua.

Pertama, yaitu “Everyone” yang memungkinkan semua pengguna dalam kontak ataupun penggunua yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

Sedangkan opsi kedua, yakni “same as last seen” berarti menyamakan pengaturan dengan fitur “Last Seen” sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa apabila pengguna ingin menyembunyikan status online dan “Last Seen”, maka pengguna juga tidak dapat melihat status yang sama dari pengguna lainnya.

Artinya, pengaturan ini berlaku juga sebaliknya. Fitur untuk menyembunyikan status online di WhatsApp masih dalam tahap uji coba.

Namun, belum tahu kapan fitur ini akan resmi meluncur dan bisa digunakan ke pengguna lebih luas

 

 

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.