igun1

Saka Pariwisata Kabupaten Purbalingga Harus Aktif Promosikan Wisata Dengan Sistem Digital

Anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Pariwisata Kabupaten Purbalingga diminta untuk berperan aktif mempromosikan destinasi wisata yang ada di Purbalingga

Pasalnya, kini promosi wisata di Kabupaten Purbalingga telah memanfaatkan promosi digital, melalui tema Purbalingga Memikat.

“Sistem promosi saat ini rasanya sudah mengalami pergeseran, dari konvensional ke modern. Mengingat era saat ini hampir semua merambah era digital,” Pimpinan Saka Pariwisata, Kak Gunanto Eko Saputro, Jumat (4 Maret 2022).

Kak Igun sapaan untuk Kak Gunanto Eko Saputro menyampaikan, dalam rangka mempromosikan sektor wisata Purbalingga, Bidang Pariwisata  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) menggenjot promosi melalui media sosial.

“Tentunya Kakak-kakak di Saka Pariwisata dapat mengeksplor dan mengunggah destinasi wisata. Ini langkah paling efektif untuk menyosialisasikan wisata pada era pandemi seperti ini,” kata kak Igun yang juga Kabid Pariwisata Dinporapar

Ia menyakini, sistem promosi suatu produk bisa dikatakan menjadi kunci keberhasilan pemasaran suatu produk. Tidak terkecuali dengan promosi di sektor wisata.

Meski masih diselimuti suasa Pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan sektor wisata untuk tetap melakukan promosi.

“Era digitalisasi ini, Dinparpora Purbalingga memanfaatkan media sosial untuk promo. Melalui slogan ‘Purbalingga Memikat’, Bidang Pariwisata mengaktifkan promosi melalui Medsos Intagram, Facebook, dan Youtube,” katanya.

Selain itu lanjut Kak Igun, juga ada program siaran radio dan live streaming Purbalingga Memikat on Air yang bekerjasama dengan LPPL Radio Gema Soedirman.

“Kami juga memiliki website www.infowisata.purbalinggakab.go.id,” www.infowisata.purbalinggakab.go.id,” kata Kak Igun.

Jadi semua kanal promosi, digunakan untuk menyosialisasikan informasi wisata Purbalingga. Baik destinasi, kuliner, sampai akomodasi, berupa penginapan sampai transportasi.

“Harapannya wisata Purbalingga semakin dikenal sehingga kunjunganyanya bisa meningkat,” tuturnya.

Selain promosi, juga ada kegiatan pembinaan, fasilitasi dan pemberdayaan wisata.

“Mohon dukungan dari Kakak-kakak anggota Pramuka. Semoga pariwisata Purbalingga bisa bangkit kembali, sebab wisata adalah sektor dengan multiplier effect yang besar,” ujarnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan