pkpc

Keren, SWBB Purbalingga Gelar Pekan Kebudayaan Pramuka Saat Pandemi Covid-19

Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB) Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Pramuka Cabang (PKPC) Tahun 2021.

Sebanyak 114 anggota Pramuka Penegak dan Pandega menjadi peserta mewakili pangkalan yang ada di Kwarcab Purbalingga dalam kompetisi semi virtual yang berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat, (18 November 2021) hingga Minggu (20 November 2021).

“Satuan karya ini sebetulnya tempat untuk bisa membangun kompetensi dan wawasan kita. Kita harus memiliki pemahaman yang baik dalam bidang seni budaya. Selain itu, seorang seniman juga harus memiliki intelektual yang baik,” kata Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno saat acara pembukaan, di aula Soedirman Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Jumat, (18 November 2021)

Pamong SWBB, Kak Rien Anggraeni menambahkan, PKPC diharapkan dapat menjadi ajang kegiatan yang memberikan dampak positif bagi para peserta anggota Pramuka Penegak serta Pandega. Karena, PKPC ini satu bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta akan kebudayaan Indonesia, khususnya budaya Purbalingga di dalam diri setiap anggota Pramuka di Purbalingga.

“Kami berharap, setelah dilaksanakannya kegiatan ini ada upaya pelestarian nilai budaya dan nilai seni yang dimiliki, dan juga ada unsur mempublikasikan kebudayaan di Purbalingga khususnya di museum dan cagar budaya,” tutur Kak Rien Anggraeni.

Ia memaparkan, ada tiga cabang lomba dalam PKPC ini, yaitu sendra tari klasik, bakiak, dan vlog. Karya-karya tersebut dikumpulkan melalui akun instagram masing-masing pangkalan

“Tim penilai adalah pamong saka, instruktur saka dan juga dari para seniman yang berkompeten dibidangnya, serta menguasai materi cabang lomba,” katanya.

Tinggalkan Balasan