google

Ini Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Hadirnya layanan Google Form ini dapat memudahkan pengguna dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan seperti data penelitian skripsi, formulir registrasi online, dan lain-lain.

Selain itu, data formulir atau kuesioner yang dibuat pun dijamin keamanannya. Semua data yang dibuat akan otomatis tersimpan dalam Google Drive.

Fungsi utama Google Form yaitu bisa membuat berbagai jenis formulir online yang biasanya digunakan untuk registrasi, tugas akhir, survei, sampai kuesioner.

Kehadiran Google Form memang bisa memudahkan pekerjaan, terutama untuk urusan membuat formulir berbasis daring. Tapi, layanan ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sebelum membuat kuesioner, Anda harus mempunyai akun Google lebih dulu. Jika belum, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu ke tautan berikut https://accounts.google.com/signin.

Setelah registrasi selesai, pastikan daftar pertanyaan telah siap.

Apabila semua kerangka persiapan rampung, langkah selanjutnya tinggal ikuti cara membuat kuesioner di Google Form berikut:

  1. Masuk ke situs Google Form.
  2. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai jenis template kuesioner yang menyesuaikan kebutuhan pengguna (event feedback, RSCP, order form dan lainnya).
  3. Jika ingin membuat kuesioner manual, yaitu mengurutkan sendiri kerangkanya, tinggal klik Start a New Form di menu awal Google Form.
  4. Apabila sudah memilih salah satu, tinggal isi judul kuesioner. Tampilan kuesioner di Google Form cukup simpel dan mudah diikuti.
  5. Isi pertanyaan pada kolom-kolom yang ada. Untuk menambahkan kolom tinggal klik Add Item.
  6. Untuk menambahkan pertanyaan tinggal klik Add Question.
  7. Anda bisa sekaligus mengatur jenis jawaban (multiple choice, paragraf, checkbox, dan lainnya).
  8. Pertanyaan yang sifatnya ‘wajib diisi’ bisa diatur dengan menggeser tombol Required ke kanan.
  9. Untuk menambahkan gambar di kolom jawaban klik Add Image.
  10. Setelah semua rangkaian pertanyaan dan lainnya rampung, tinjau ulang kuesioner dengan klik Preview (ikon mata di bagian atas).
  11. Selanjutnya kuesioner tinggal dibagikan melalui milis, WhatsApp, atau media sosial sesuai kebutuhan.
  12. Menu untuk membagikan form bisa Send form, Download as, atau Embed.

Sampai tahap ini, cara membuat kuesioner di Google Form sudah selesai dan Anda bisa lihat hasilnya dengan masuk kembali membuka form bersangkutan, lalu pilih menu View responses.

Kelebihan Google Form

  1. Mudah digunakan, terlebih bagi penggunaan Gmail. Tampilan Google Form juga tidak rumit.
  2. Fitur Google Form tersedia secara gratis bagi siapa saja yang ingin membuat formulir.
  3. Hanya dengan sebuah tautan, formulir daring Anda dapat menjangkau banyak responden untuk memperoleh jawaban survei secara mudah dan cepat.
  4. Dapat melihat respons dari berbagai model, seperti grafik pie hingga dirangkum rapi ke dalam form spreadsheet.

Kekurangan Google Form

  1. Tidak menyediakan survei skala Thurstone, melainkan hanya skala linear yang memiliki 10 batasan.
  2. Tidak bisa menggunakan equation secara langsung. Bentukan soal matematika maupun jawabannya sangat memerlukan equation atau simbol matematika. Namun sayang, Google Form belum menyediakannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan