medsos

Awasi Data Pribadi di Medsos Agar Tak Mudah Diretas

Tidak sedikit media sosial (medsos) dimanfaatkan peretas untuk mencuri data pribadi pengguna termasuk kata sandi atau juga bisa disebut password.

Setelah mendapatkan, mereka biasanya akan memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Seperti digunakan untuk pinjaman online, menguras rekening mereka, dan melakukan penipuan lainnya.

Tentu saja, peretas akan menggunakan segala cara untuk mendapatkannya. Untuk itu diperlukan keamanan ekstra pada akun media sosial Anda

Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan keamanan ganda seperti two-factor-authentication, berikut langkah yang harus diterapkan untuk menghindari peretasan di akun media sosial Anda, seperti dikutip dari Wired

Gunakan Otentikasi Multi-Faktor

Metode ini menggunakan informasi sekunder, sering kali kode yang dibuat oleh aplikasi atau dikirim melalui SMS, bersama kata sandi.

Potongan informasi sekunder ini membantu membuktikan bahwa Anda benar-benar mencoba masuk, karena kode-kode tersebut sering diakses di ponsel Anda.

Bahkan jika Anda memiliki kata sandi yang mudah ditebak, penyerang tidak mungkin mendapatkan akses ke akun dengan otentikasi multi-faktor yang diaktifkan kecuali mereka memiliki ponsel Anda.

Tidak semua bentuk otentikasi multi-faktor sama. Aplikasi pembuat kode dianggap lebih aman daripada mendapatkan kode melalui SMS, dan lebih dari itu, kunci keamanan fisik memberikan lapisan perlindungan yang lebih kuat.

Dapatkan Pengelola Kata Sandi

Ini merupakan hal yang sangat penting, pasalnya semua kata sandi yang digunakan untuk akun media sosial Anda harus kuat dan unik. Apa artinya ini sebenarnya adalah mereka harus panjang, menyertakan campuran jenis karakter yang berbeda, dan tidak digunakan di beberapa situs web.

Kata sandi Twitter Anda tidak boleh sama dengan kata sandi akun m-banking Anda dan jaringan Wi-Fi rumah Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola kata sandi.

Karena kata sandi dikelola, otomatis Anda akan memiliki sandi yang kuat, dan menyimpannya dengan aman. Aplikasi rekomendasi untuk mengelola kata sandi yakni LastPass atau KeePass.

 

 

 

Tinggalkan Balasan