Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  FLP scaled

Forum Lintas Pelaku Purbalingga: 8% Dana Desa Sudah Dimanfaatkan untuk Penanganan Covid-19 di Desa

Dari hasil monitoring, penggunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Purbalingga sebanyak 8% sudah dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 di desa masing-masing.

Sedangkan penyaluran bansos terdapat keluhan dari pemerintah desa, utamanya data sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sampai saat ini tidak pernah  sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Namun, masih dijumpai salah data, meskipun pihak pemerintah desa sudah berkali-kali memperbaiki kesalahannya.”tutur Ketua Forum Lintas Pelaku (FLP) Kabupaten Purbalingga Anas Sumarjo saat melaporkan kegiatan FLP Kepada Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, di ruang kerja Bupati

Ditambahkan, dari hasil monitoring kegiatan fisik, karena kebijakan refocusing anggaran dana DD untuk kegiatan penanganan covid-19, banyak kegiatan fisik yang dibatalkan atau tertunda penanganannya.

“Sementara hasil monitoring pengawasan Undang-Undang Desa, terdapat permasalahan berupa keterbatasan kapasitas perangkat desa di bidang IT, menyebabkan proses pencairan DD ada kendala keterlambatan,” tuturnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, terkait data penerima bansos, Pemerintah Kabupaten Purbalingga hanya bisa mengusulkan, sedangkan yang menentukan dapat tidaknya bantuan merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Kita sudah mengusulkan mereka-mereka yang layak dibantu, tapi yang di approve oleh pemerintah pusat justru yang lain.” tuturnya.

Tiwi menekankan agar FLP mendorong pemerintahan desa untuk membuat data base. Data base  harus diperbaharui setiap tahun. Sehingga desa memiliki data base yang akurat, valid dan terkini.

“Data base ini sangat penting untuk menentukan perkembangan desa dan kebijakan yang akan diambil,” katanya.

FLP juga diminta turut serta mensosialisasikan program bantuan dari  pemerintah daerah. Selama ini masyarakat belum paham adanya program bantuan yang didanai dari APBD. Program bantuan tersebut seperti rehab rumah tidak layak huni, kartu prakerja, bantuan beras lele dan lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan