Cara Hapus Jejak Digital, Agar Hidup Jadi Tenang

internet

Umumnya, orang-orang yang bermain sosmed akan meninggalkan jejak digital tanpa mereka sadari. Banyaknya informasi yang tersimpan, mengakibatkan jejak digital itu ada.

Misalnya seperti situs web yang pernah kamu kunjungi, e-mail yang dibagikan, saat kamu mencari sesuatu di media sosial, bahkan informasi yang dikirimkan saat mendaftar ke situs layanan online.

Maka, melindungi data pribadi harus dilakukan, untuk meminimalisir jejak digital. Jika kamu ingin hidup tenang dengan menghapus jejak digital, simak cara mudah berikut untuk menghapus jejak digital:

Bacaan Lainnya

Memeriksa Data yang Berpotensi Bocor

Kebocoran data bukanlah suatu hal yang asing. Kamu bisa mengatasinya dengan cara masuk ke website Have I Been pwend? Website ini merupakan layanan gratis membantu setiap orang memeriksa apakah data informasi pengguna pernah bocor atau tidak.

Isilah alamat email pada situs tersebut dan selanjutnya kamu akan melihat data apa saja yang pernah bocor.

Memakai Incognito

Selanjutnya, kamu bisa menelusuri internet dengan mode incognito atau private pada browser. Dengan cara ini, aplikasi lain tak akan merekam yang di kunjungi termasuk kata kunci yang digunakan.

Namun, bukan berarti dengan cara ini membuat kamu tidak terlacak sama sekali. Sebagai contoh saat masuk ke Facebook, aktivitas masih terekam. Untuk menutupi ISP, kamu bisa menggunakan VPN saat beraktivitas di dunia maya.

Baca Juga:Pilih Koper yang Tepat untuk Pergi Traveling

Pos terkait

Tinggalkan Balasan