lpg

4 Cara Menghemat Gas LPG

Saat ini, terdapat empat jenis tabung gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang berukuran 3 kg, gas LPG 12 kg, bright gas, dan juga gas LPG ease.

Karena volume pemakaiannya tidak bisa terlihat secara jelas, kadang secara tidak sadar kita menggunakan gas secara tidak efisien dan berujung pemborosan anggaran rumah tangga.

Jika Anda memasak dengan menggunakan sebaiknya sediakan waktu untuk membersihkan kompor gas secara berkala.

Anda bisa bersihkan bagian tungku dan saluran kompor gas, dari sisa-sisa kotoran yang menempel saat memasak. Saluran gas yang kotor mengakibatkan api yang dihasilkan tidak berwarna biru.

Anda bisa rutin membersihkan area kompor setidaknya empat bulan sekali. Selain memastikan kompor dan saluran gas dalam kondisi bersih, Anda juga harus memperhatikan kondisi selang gas.

Pastikan selang gas LPG dalam kondisi yang baik untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas. Selain itu, Anda juga bisa memastikan selangmu memiliki tekanan mencapai 500 psi, karena kalau tidak mencapai tekanan tersebut, ada kemungkinan selangmu akan cepat kendur.

1. Sesuaikan alat masak

Misal, Anda hanya ingin masak dalam porsi kecil untuk dua orang, pastikan Anda menggunakan wajan atau panci yang sesuai dengan takaran

Karena, wajan atau panci yang berukuran besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk panas sehingga gas yang dikeluarkan juga lebih banyak.

2. Alat masak dalam kondisi kering

Pastikan peralatan masak yang akan Anda gunakan sudah dalam kondisi yang kering. Alat masak yang masih menyisakan tetesan air akan membuat gas ke luar lebih banyak untuk mengubah tetesan air tadi menjadi uap air.

3. Manfaatkan tutup panci

Anda juga bisa memanfaatkan tutup panci. Proses merebus bahan masakan dalam kondisi panci yang tertutup akan membuat makanan lebih cepat mendidih dan matang.

Selain menghemat pemakaian gas, menggunakan tutup panci saat merebus makanan juga bisa menjaga kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan

4. Melepas regulator gas

Anda bisa melepas regulator gas untuk mengehemat gas serta meminimalisir risiko terjadinya kebocoran gas. Pastikan juga Anda menggunakan regulator yang sudah berstandar SNI agar aman.

Lebih baik gunakan alat masak berbahan stainless steel agar bahan masakan lebih cepat matang

 

Tinggalkan Balasan