tiwi ziarah

Ziarah Makam Leluhur, Awali Peringatan Hari Jadi ke 191 Kabupaten Purbalingga

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga ziarah ke makam leluhur, Kamis (17 Desember 2021).

Setelah ziarah ke makam Arsantaka dilanjutkan Makam Giri Cendana dan Giri Purna di Desa Kajongan, Adipati Onje Kecamatan Mrebet dan Adipati Wirasaba di Kecamatan Bukateja.

Kegiatan ini mengawali rangkaian seremonial Hari Jadi ke 191 Kabupaten Purbalingga.

“Kami mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke 191 kepada seluruh masyarakat Purbalingga. Sesuai tema hari jadi kali ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk Bergerak Bersama Mewujudkan Purbalingga Sehat, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Ia mengatakan, kegiatan ziarah ke makam leluhur merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Hari Jadi Kabupaten Purbalingga. Ziarah ke makam leluhur bertujuan untuk mengingatkan kembali perjuangan serta jasa para leluhur pendiri Kabupaten Purbalingga.

“Para leluhur memiliki peran yang cukup signifikan sehingga Kabupaten Purbalingga dapat maju,” katanya.

Ia menjelaskan, ziarah ke makam leluhur itu sudah rutin diselenggaraan tiap hari jadi. Kegiatan ini memiliki makna tersendiri yakni dalam rangka mengingatkan kita atas perjuangan dan jasa-jasa para peluhur pendiri Kabupaten Purbalingga.

“Karena itu, kita tidak boleh lupa, dibalik kemajuan Kabupaten Purbalingga saat ini ada peran dan jasa yang signifikan dari para leluhur, eyang-eyang kita yang saat ini bersemayam di sini,” katanya.

Tinggalkan Balasan