Tim dari Jurusan Teknik Geologi

Tim Teknik Geologi Unsoed Purwokerto Petakan Kerawanan Bencana Kecamatan Karangmoncol

Tim dari Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto memaparkan hasil Studi Proyek Independen Tentang Pergerakan Tanah di Wilayah Kecamatan Karangmoncol

Dosen Pembimbing Lapangan FT Unsoed Indra Permana Jati ST MT mengungkapkan, melalui penelitian ini pihaknya ingin membantu bagaimana bencana di Purbalingga dimenejemen dengan baik. Sehingga implikasinya adalah keselamatan.

“Bencana selalu ada ‘ketidakpastian’ sehingga yang kita gunakan adalah mitigasi atau bergerak ke arah aman. Jika saat ini pemerintah daerah masih fokus di emergency rensponse, kita melangkah agar bagaimana bencana itu tidak terjadi,” katanya di Ruang Rapat Bupati, Senin (18 Juli 2022).

mahasiswa Geologi Unsoed, Azwar Fajri yang melaksanakan studi ini memaparkan Kecamatan Karangmoncol didominasi bencana tanah longsor.

Sedangkan longsor itu sendiri bisa terjadi tidak hanya terjadi karena satu faktor, tapi ada faktor pengontrol dan pemicu.

“Setelah kita uji, bencana longsor di Karangmoncol banyak terjadi di satuan batu pasir (8 longsor) dan lava andesit (8 longsor),” kata Fajri mengupas satu per satu.

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.