Tetap Produktif Di Bulan Suci Ramadan

produktif dibulan ramadhan. Tirto.ID
produktif dibulan ramadhan. Tirto.ID

Bulan ramadan bulan yang suci, bulan itu datang 1 tahun sekali.

Sebagai umat muslim yang bertakwa kita harus berpuasa dengan semangat. Puasa itu ibadah. Menjalaninya suatu kewajiban setiap muslim. Bekerja sambil berpuasa tentu bukan hal yang mudah, apalagi Covid belum usai.

Menahan lapar dan haus bukan menjadikan kita sebagai insan yang bermalas malasan. Kita harus tetap produktif selama bulan ramadan.

Bacaan Lainnya

Yuk simak bagaimana agar tetap produktif di bulan ramadan

Jangan tinggalkan sholat
Solat wajib adalah ibadah yang mutlak perlu dilaksanakan setiap muslim dimanapun dan kapanpun kita berada. Di bulan ini pahala solat berjamaah di lipat gandakan. Laksanakanlah juga sholat sunah seperti sholat tarawih. Memang hukumnya sunah tapi dengan melaksanakannya kita jadi lebih produktif
Membaca Al- Quran
Dengan membaca al- quran kita mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya hati dan pikiran menjadi tenang. Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah baginya satu kebaikan. Satu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh kali lipatnya. Allah juga akan mengangkat derajat manusia jika membaca, mengamalkan serta mengamalkannya setiap hari.
Mencari ilmu
Mencari ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Pembelajaran dilakukan secara online karena ada pandemi. Kita bisa mencari ilmu dengan mendengarkan acara pengajian di TV. Selain menjadi produktif, kamu juga mendapatkan ilmu yang berkah dan juga bermanfaat.
Berbagi dan Bersyukur
Sedekah di bulan ramadan bisa dilakukan dengan berbagi makanan buka puasa kepada orang miskin, dan anak-anak yatim. Hal tersebut juga menjadikan kita semakin bersyukur dengan rezeki yang kita punya.

Jangan kebanyakan tidur, lebih baik gunakan waktumu untuk hal yang lebih bermanfaat. Itu dia beberapa cara agar produktif di bulan ramadan. Jangan sia-siakan waktumu di bulan ramadan ya…

https://tabloidelemen.com
(Siswa Magang dari SMK N 1 BUKATEJA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan