Ternyata Begini Efek Samping Makan Pepaya, Kapan Waktu yang Baik Makan Pepaya?

Ternyata Begini Efek Samping Makan Pepaya,
Ternyata Begini Efek Samping Makan Pepaya,

TABLOIDELEMEN.com –  Pepaya termasuk jenis buah yang aman untuk dikonsumsi dan tidak banyak menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Namun, jika seseorang memiliki alergi terhadap lateks, efek samping dari pepaya mungkin akan dirasakan.

Kandungan enzim chitanases dalam pepaya dapat memicu reaksi alergi lateks. Alergi lateks dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kulit gatal-gatal dan bengkak, mual dan muntah, pusing, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Menurut American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAI), jika seseorang memiliki alergi terhadap mangga, pistachio, atau jambu mete, ia perlu menghindari pepaya karena kemungkinan besar akan menimbulkan reaksi alergi yang serupa.

Kapan Waktu yang Baik Makan Pepaya?

Pepaya dapat dikonsumsi kapan saja, tetapi buah ini diyakini memiliki manfaat kesehatan yang baik jika dikonsumsi di pagi hari pada waktu sarapan. Sebab, pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan serta menjaga energi dalam tubuh tetap stabil sebelum melakukan aktivitas.

Selain itu, pepaya juga dapat dikonsumsi di malam hari. Namun, sebaiknya dikonsumsi 4-5 jam setelah makan malam. Pepaya yang dikonsumsi di malam hari dapat membersihkan saluran pencernaan.

Penting untuk diingat bahwa pepaya yang baik adalah jenis pepaya yang sudah matang dengan sempurna (tidak mentah dan tidak terlalu matang). Mengonsumsi pepaya yang sudah matang dapat membantu tubuh memperoleh kesehatan tubuh dan mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

 

 

Tinggalkan Balasan