Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek, Hafidz Muksin:  Kesantunan Berbahasa Perlu Didengungkan

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek
Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek

TABLOIDELEMEN.com – Sekretaris Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI), Hafidz Muksin menyatakan, kesantunan dan kesopanan dalam meramu bahasa pada setiap pergaulan perlu untuk terus digelorakan.

Hal ini tentunya untuk meminimalisir potensi friksi di tengah masyarakat dan juga agar generasi muda memiliki moral yang berkarakter Pancasila.

“Tak hanya komunikasi antar muka, kesopanan juga harus terus tersosialisasikan pada ruang digital,” katanya saat acara Literasi Nasional yang dirangkai dengan pelantikan pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Purbalingga, di SMA N 1 Bobotsari Rabu 14 Septemeber 2022

Bacaan Lainnya

“Agar tidak sakit hati lawan bicara kita dan juga menimbulkan konflik pada masyarakat,” imbuhya.

Hafidz Muksin menuturkan, kedatangannya ke Purbalingga juga bertujuan agar nilai literasi di Kabupaten Purbalingga dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya meningkat.

Di Jawa Tengah, terdapat balai Bahasa yang siap mendorong Kabupaten Kota melalui guru untuk meningkatkan literasi dan juga mengukur tingkat kemahiran berbahasa.

“Pastikan juga penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik secara baik dan benar,” ujarnya.

Dia menambahkan, semangat literasi dan berbahasa yang baik dan benar juga agar bangsa Indonesia memiliki pola pikir kebhinekaan yang global.

“Harus berpikir kebhinekaan secara global,” katanya

Tinggalkan Balasan