dakota1

Kok Bisa, Pesawat Dakota  DC 3/T-463 Berada di Lanud J.B. Soedirman. Ini Riwayatnya

Anda mungkin akan bertanya tentang keberadaan monumen pesawat Dakota 3 DC 3/T-463 di Pangkalan Udara (Lanud) Jenderal Besar (J.B). Soedirman Purbalingga.

Sebenarnya pesawat Dakota 3 DC 3/T-463 ini sudah menjejakan rodanya di Lanud J.B Soedirman Purbalingga sejak tahun 1980.

Yuk, kita simak penuturan Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Jenderal Besar (J.B). Soedirman, Lettu Sus Iman tentang keberadaan pesawat Dakota 3 DC 3/T-463

“Pesawat ini sudah ada sejak tahun 1980. Dulu terletak di apron lama atau utara runway. Sekarang ditempatkan di samping Mess Waang. Untuk pemenuhan persyaratan operasional penerbangan. Pemindahan ini demi keselamatan penerbangan,” katanya

Sekitar Tahun 1980 Pesawat Dakota TNI AU melaksanakan aplaus crew dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dengan rute ke Lanud  Abdul Rahmansaleh Malang.  Misi tersebut berjalan dengan lancar.

BACA ARTIKEL LAINNYA:  Jangan Lupakan Sejarah, 23 Maret Peringatan Bandung Lautan Api

Sekembalinya dari Malang, pesawat tersebut mampir dan mendarat di Lanud Wirasaba (sekarang Lanud J.B. Soedirman) yang berjalan aman dan lancar. Setelah beberapa saat mendarat, kemudian take off dari Lanud J.B. Soedirman menuju ke Lanud Halim Jakarta.

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.