Kmabicah Dyah hayuning Pratiwi

Ka Mabicab Purbalingga Ajak Anggota Pramuka Untuk Berbakti Tanpa Henti

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengajak kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk terus berbakti membantu, berbagi kepada sesama termasuk berbakti tanpa henti dalam perangi pandemi covid-19.

“Tentunya, mulai saat ini anggota Pramuka harus bersiap untuk memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian secara nasional,” kata Dyah Hayuning Pratiwi yang juga Bupati Purbalingga saat puncak acara peringatan 60 Tahun Pramuka Indonesia di pendopo Dipokusumo, Senin (30 Agustus 2021)

Tiwi juga membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. Disampaikan, walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid- 19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut.

“Itulah sebabnya, slogan kegiatan tahun ini Pramuka Berbakti Tanpa Henti. Kita tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” katanya.

Ia juga mengapresiasi prestasi yang diraih Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga pada semua kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

“Harapannya, prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk terus berbuat, berkarya, berprestasi membanggakan Purbalingga,” tuturnya

Tetap berkegiatan

Ketua Kwarcab Purbalingga, Subeno mengatakan, Pramuka Peduli (Pramuli) Purbalingga tetap berkegiatan dengan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) di saat pandemic Covid-19. Kwarcab Purbalingga juga tetap mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan dan meraih prestasi pada tingkat Kwarda Jawa Tengah

“Pramuli berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat dalam penerapan prokes. Mudah-mudahan ini menjadi kontribusi kami dalam rangka mensukseskan penanggulangan Covid-19,” ungkap Kak Subeno

Andalan Cabang Urusan (Ancu) Humas di Bidang Humas dan Protokol, Mahendra  Yudhi Krisnha menuturkan, dalam acara ini juga diberikan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) Pancawarsa dari Kwarda Jawa Tengah kepada 26 orang . Selain itu juga diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangkaian kegiatan Hari Pramuka.

“TPOD ini diberikan sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada Gerakan Pramuka dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus,” katanya.

Seluruh pengurus Mabicab mengikuti secara tatap muka. Kegiatan  ini dilaksanakan dengan menerapkan prokes ketat. Sedangkan, pengurus Mabiran, Pinsaka, Ka Mabigus dan seluruh anggota di 18 Kwarran mengikuti secara tatap maya melalui aplikasi zoom.

Disamping itu, Kwarcab Purbalingga juga telah sukses menyelenggarakan kegiatan Perwira Adventure VIII yang diikuti 264 siswa SMK se-Purbalingga. Adapun yang menjadi Juara I Putra yakni SMKN 1 Purbalingga dan Juara I Putri : SMKN Jateng di Purbalingga.

 

 

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.