Gerakan Pangan Murah di Purbalingga Bantu Stabilisasi Harga dan Daya Beli Masyarakat

Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional bersama Dinas Ketahan Pangan Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Jum'at 31 Maret 2023.
Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional bersama Dinas Ketahan Pangan Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Jum'at 31 Maret 2023.

TABLOIDELEMEN.com –  Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional bersama Dinas Ketahan Pangan Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Purbalingga membantu masyarakat.

“Gerakan ini membantu masyarakat Purbalingga khususnya Karanganyar untuk dapat memperoleh barang kebutuhan pokok dengan mudah dan murah,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) di Lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Jum’at 31 Maret 2023.

“Hari ini harganya murah di bawah harga pasar karena ada subsidi pemerintah,” imbuh Bupati

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, dalam hal pengendalian inflasi, Pemkab Purbalingga juga memiliki berbagai program.

Pertama, Roadshow Pemulihan Ekonomi yang didalamnya juga terdapat Pasar Murah. Kedua, pemberian Beras dan Ikan Lele kepada masyarakat kurang mampu.

Lalu ada program Macan Manis (Mama Cantik Menanam Cengis), ibu-ibu kita mendapat bibit cabai untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

“Pemerintah Desa juga kami dorong untuk menggunakan alokasi Ketahanan Pangan Dana Desanya untuk kepentingan pengendalian inflasi,” katanya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan DInas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Sri Broto Rini mengungkapkan, Gerakan Pangan Murah ini melibatkan 30 pelaku usaha baik dari BUMN, BUMD, produsen, peternak dan UMKM.

“Kegiatan ini dalam rangka intervensi harga dan pasokan pangan untuk menjaga inflasi di wilayah Banyumas termasuk Purbalingga ini masih cukup tinggi, Maret ini masih 6,4% target Gubernur Jateng menargetkan bisa turun di angka 5%,” katanya.

Ia menegaskan, dengan Gerakan Pangan Murah ini, pihaknya juga membantu meningkatkan akses pangan masyarakat dengan membagikan bantuan (gratis) 425 paket berisi beras, bawang merah dan cabai kepada masyarakat kurang mampu.

“Sedangkan Pemkab Purbalingga juga memberikan 200 paket berisi beras dan ikan lele,” katanya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan