tomat

Budidaya Tomat di Rumah

Tomat disebut sebagai buah yang rendah kalori dan lemak serta kaya akan Vitamin dan mineral, seperti Vitamin A, Vitamin C, folat, dan kalium. Tomat juga dipilih sebagai bahan pelengkap masakan.

Selain menjadi hobi, menanam tomat akan bermanfaat karena tomat digunakan untuk tambahan penyedap dalam masakan. Simak cara menanam tomat yang baik berikut ini:

Pemilihan Tempat dengan Matahari yang Cukup

Tomat membutuhkan sinar matahari yang tepat sehingga pertumbuhan tidak mengalami hambatan. Tempat yang dibutuhkan setidaknya mendapatkan sinar matahari minimal 6-8 jam per hari.

Pemilihan Benih Terbaik

Supaya penyemaian berhasil, pilih buah tomat yang sehat dan terbaik yang akan dijadikan benih.

Jika anda ingin menyiapkan benih tomat sendiri, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Belah tomat lalu ambil biji dan simpan pada wadah bersih.
  • Rendam dengen air dan pilih biji yang tenggelam, buang biji yang mengapung.
  • Kemudian lakukan seleksi terhadap biji, pilih bentuk yang sempurna (tidak keriput)
  • Setelah itu keringkan dengan dijemur dan simpan pada wadah yang bersih.

Pengolahan Media Tanam

Media penanaman tomat dapat dibuat dari kombinasi tanah, arang, sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Siapkan media tanam beberapa hari sebelum digunakan.

Penyemaian

Taruh benih yang sudah siap ke dalam pot lalu tutup dengan menggunakan tanah. Lamanya waktu penyemaian dan pemindahan sekitar 35-45 hari.

Pemindahan Bibit Tomat

Setelah menunggu beberapa hari, pindahkan bibit tomat pada pot yang lebih besar. Berhati-hatilah saat memindahkan bibit tomat agar tidak terjadi kesalahan.

Pemeliharaan

Tanaman tomat cukup sensitif dan perlu perawatan yang intensif. Anda perlu menjaga kelembapannya dengan cara menyiramnya setiap hari.

Pemanenan Buah

Dalam 3 bulan, kamu akan dapat tomat yang sudah kamu rawat. Tanaman tomat sudah dikatakan siap panen apabila kulit buah berubah dari hijau menjadi kekuning-kuningan.

(Siswa Magang dari SMK N 1 Bukateja)

Tinggalkan Balasan