Awal Tahun 2022, UIN Saizu Bangun Kampus di Purbalingga. Telan Anggaran Rp 150 M

uin
uin

Universitas Islam Negeri  Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN SaiZu) akan mulai melaksanakan pembangunan kampusnya di Purbalingga awal tahun 2022.

Pembangunan  UIN SaiZu yang sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto direncanakan akan menyerap pembiayaan sebanyak Rp 150 Miliar.

Rektor IUN, Saizu Moh Roqib  memaparkan, dana Rp 150 Miliar tersebut masing-masing sebesa Rp 148 Miliar dari pemerintah pusat dan sisanya dana dari kampus sebesar Rp 2 Miliar.  Tahun ini dana dari kampus digunakan untuk pembangunan pagar dan jembatan.

Bacaan Lainnya

“Fokus kami pembangunan kampus di Karangsentul. Tahun ini kami mulai melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan di dua lokasi kampus yang ada di Purbalingga,” katanya didampingi Wakil Rektor II  Ridwan  saat bertemu dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), di Ruang Rapat Bupati kompleks Pemkab Purbalingga, Selasa (12 Oktober 2021) sore.

Dia menyampaikan terkait pembangunan kampus di Purbalingga, pihaknya mendapatkan hibah tanah dari Pemkab Purbalingga. Masing-masing di Kelurahan Karangsentul Kecamatan Padamara dan Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari. Luas tanah yang dihibahkan totalnya sebanyak 170.702 hektare (ha).

Lima gedung yang akan dibangun di Karangsentul masing-masing gedung pendidikan terpadu, asrama, laboratorium bahasa dan multimedia,  gedung pendidikan profesi dan sertifikasi serta laboratoriumnya. Pihaknya fokus pada fakultas dan program studi sains dan profesi.

“Tahun depan pembangunan dimulai dan tahun 2023 harus sudah selesai,’ tandasnya.

Bupati Tiwi dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya mensuport pembangunan kampus UIN SaiZu di Purbalingga. Disampaikan  saat ini puhaknya memang sedang berupaya meningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Karena IPM di Purbalingga yang saat ini masih menjadi persoalan. Setelah melakukan kajian, untuk meningkatkan IPM satu diantaranya adalahl dengan menarik sekolah tinggi atau universitas di Purbalingga.

“Karena ketika pemuda yang melanjutkan tinggi di kota lain, itu tidak berdampak pada Purbalingga. Justru dampaknya ada di kota dimana kampus itu berdiri,” ujarnya.

Sebelumnya  Pemkab Purbalingg telah menghibahkan lahan kepada Institut IAIN Purwokerto. Penandatanganan hibah dilakukan Bupati Tiwi bersama Rektor Moh Roqib, di Pendapa Dipokusumo Pemkab Purbalingga, Jumat (26 September 2020)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan