aaf

AAF 2021. Skor Thailand vs Timnas Indonesia Imbang 2-2. Garuda Runner-up

Tim Kesebelasan Nasional (Timnas) Indonesia bermain imbang dengan Thailand di leg kedua final Piala ASEAN Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2020-2021, Sabtu (1 Januari 2022).

Berlaga di National Stadium, Singapura, Timnas Indonesia sama kuat 2-2 dari Thailand. Gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya di menit ke-7 dan Egy Maulana di menit ke-77.

Sedangkan gol dari Thailand dicetak oleh Adisak Kraisom di menit ke-54 dan Sarach Yooyen di menit ke-56. Dengan hasil ini, Thailand menjadi juara dengan aggregat 6-2.

Catatan ini mengukuhkan Garuda sebagai spesialis runner-up di Piala AFF.Pasalnya ini adalah ke-6 kalinya Indonesia keluar sebagai runner-up Piala AFF.

Chanathip Songkrasin, sama sekali tidak diberikan ruang untuk mendapatkan bola, tekanan dari Rachma Irianto memaksa pemain berusia 28 tahun ini tidak bisa mendistribusikan bola dengan baik.

Sebaliknya serangan balik cepat Indonesia benar-benar merepotkan lini belakang Gajah Putih.Terbukti, akhirnya Ricky Kambuaya membawa gol cepat bagi Indonesia, hanya di 7 menit laga berjalan.

Sepakan keras dari luar kotak penaltinya gagal diantisipasi oleh Siwarak Tedsungneon, bola meluncur deras ke gawang dan mengubah skor menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol, Thailand baru berani keluar dan mengancam gawang Indonesia. Peluang pertama datang dari sepakan jarak jauh Supachok Sarachat, namun masih bisa diantisipasi oleh Nadeo.

Tidak berselang lama, pemain yang sama mengancam melalui sepakan jarak dekat di dalam kotak penalti yang masih membentur mistar gawang.

Setengah jam pertandingan berjalan, Thailand mulai memperlambat tempo untuk bisa mengamankan keunggulan tiga gol mereka. Namun, Indonesia terus mengurung pertahanan Thailand, dengan terus menyerang ke kotak penalti.

Meskipun demikian, serangan Indonesia masih mudah dipatahkan oleh pemain belakang Thailand, karena minimnya opsi di lini depan. Dan skor 0-1 menutup 45 menit pertandingan.

Di babak kedua, Thailand langsung mengambil inisiatif serangan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Hasilnya di menit ke-54, sepakan yang memantul ke tanah dari Adisak Kraisom mengubah skor menjadi 1-1.

Hanya berselang  dua menit, Ganti Sarach Yooyen yang menaklukkan Nadeo Argawinata dan mengubah skor menjadi 1-2. Indonesia nampak kelelahan sejak bermain menekan di awal laga.

Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Thailand dengan mengurung pertahanan Indonesia di sisa laga.Namun, akhirnya Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-80.

Umpan chip Witan Sulaiman, dimanfaatkan dengan baik oleh Egy Maulana Vikri yang dengan tenang menaklukkan Siwarak Tedsungneon di menit ke-80. Skor berubah menjadi 2-2.

Sukses menyamakan kedudukan, Indonesia mendapatkan momentum untuk berbalik unggul di sisa laga.Namun, skor 2-2 menjadi hasil pertandingan ini.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand:

Thailand:

Siwarak Tedsungneon; Theerathon Bunmathan, Supachok Sarachat, Terasil Dangda, Bhordin Phala, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin (c), Pawee Tanthatemee, Kritsada Kaman, Narubadin Weerawatnodom.

Indonesia:

Nadeo Argawinata; Alfreanda Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek; Witan Sulaeman, Egy Maulana, Dedik Setiawan

 

 

 

Tinggalkan Balasan