vaksin 1

92.635 Anak Purbalingga Ditargetkan Mulai Divaksin Minggu Ini

Anak berusia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Purbalingga akan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 minggu ini.

Vaksinasi perlu dilakukan kepada anak untuk memaksimalkan herd immunity (kekebalan komunal) karena Covid-19 yang ada pada anak bisa jadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Ditargetkan sebanyak 92.635 anak akan mulai divaksin minggu ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Jusi Febrianto saat menyampaikan materi sosialisasi vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Rumah Makan Collaboration Bancar Purbalingga, Selasa (21 Desember 2021).

Dia menambahkan, ke-92.635 akan mendapatkan vaksinasi yang dipusatkan pada sekolah mereka masing-masing dimulai minggu ini. Alasan sekolah menjadi tempat vaksin adalah untuk memudahkan para penerima vaksin serta memudahkan koordinasi yang akan melaksanakan vaksinasi.

Jusi meminta petugas vaksinasi bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatu termasuk untuk melakukan sosialisasi di grup wali murid yang dikelola oleh sekolah.

“Sekolah daring kan ada grup wali murid per kelas. Nanti bisa disosialisasikan lewat grup tersebut,” imbuhnya.

Jusi mengatakan, case fatality rate dari anak-anak lebih rendah daripada orang dewasa yang lebih tinggi resikonya terhadap gejala Covid-19 yang berujung pada kematian.

“Tetapi, imunitas pada anak lebih bagus daripada orang dewasa dan itu bisa saja OTG. OTG kan bisa menyebarkan virus. Vaksinasi tersebut bertujuan agar bisa “membingungkan” virus masuk ke dalam tubuh termasuk anak-anak,” katanya.

 

 

Tinggalkan Balasan