es teh

6 Efek Minuman Teh. Jangan Terlalu Banyak Minumnya

Teh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membantu menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan metabolisme.

Tanpa sadar, kita terkadang terlalu banyak minum teh tanpa mengetahui apa akibat yang bisa timbul setelahnya.

Namun demikian, jika dikonsumsi berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Ini efek samping kebanyakan minum teh itu?

1. Bisa sakit kepala

Kalau Anda merasakannya di saat banyak minum teh dalam satu hari, maka jangan lupa untuk mengurangi konsumsinya.

Minum teh setiap hari dalam jumlah yang banyak ternyata bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan

2. Gangguan tidur

Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, tetapi kalau Anda mengonsumsinya berlebihan maka bisa berisiko mengalami gangguan tidur. Efek samping minum teh di malam hari bisa menyebabkan Anda sulit terpejam atau terbangun tengah malam di saat tubuhmu sudah kelelahan.

3. Memicu gelisah hingga stres

Batas konsumsi kafein adalah di bawah 200 miligram sehari untuk mencegah efek kebanyakan minum teh hijau ataupun teh hitam.

Efek dari kebanyakan minum teh selanjutnya adalah bisa memicu timbulnya rasa cemas, gelisah, hingga stres.

Untuk menghindarinya, Anda harus mengetahui aturan minum teh dengan memperkirakan jumlah kafein di dalamnya.

4. Bisa menimbulkan heartburn

Sebaiknya Anda tidak meminum teh secara berlebihan, jika Anda memilik masalah lambung. Kafein dalam teh ternyata juga bisa memicu isi lambung yang asam naik menuju kerongkongan.

Akibatnya, muncul sensasi perih dan terbakar di dada yang biasa disebut dengan heartburn.

5. Ketergantungan

Kafein di dalamnya berisiko menimbulkan ketergantungan yang menimbulkan gejala jika tidak mengonsumsinya. Gejala ketergantugan itu bermacam-macam, seperti sakit kepala, cepat marah, rasa lelah, sampai peningkatan detak jantung.

6. Bisa mengurangi penyerapan zat besi

Tanin dalam teh tersebut berisiko terikat dengan zat besi yang bisa memicu gangguan penyerapan mineral penting untuk tubuh.

Bahaya yang bisa ditimbulkan adalah defisiensi zat besi. Maka dari itu, kita tidak disarankan mengonsumsi teh pada jam-jam makan.

 

 

Tinggalkan Balasan