jenderal

Wisata Edukasi Rasa Soedirman di Purbalingga Diluncurkan, Ini Kata Ketua Tourism Information Center

Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Purbalingga siap menginformasikan dan memasarkan wisata sejarah tentang Jenderal Soedirman di tanah kelahirannya.

“Wisata ‘Rasa Soedirman’ ini akan melengkapi paket-paket wisata di Purbalingga,” kata Ketua  TIC Purbalingga, Bambang Eddy Siswondo ,Rabu 16 Maret 2022

Bambang optimis wisata di Purbalingga akan semakin banyak peminatnya.

“Saat ini covid sudah melandai. Semoga wisata segera menggeliat dan wisata sejarah Jenderal Soedirman ini bisa menjadi pilihan yang menarik,” ujarnya.

Paket wisata ‘Rasa Soedirman’ menurut Bambang  sangat menonjolkan edukasi. Kegiatan ini dari sesi perkenalan, ice breaking, selanjutnya tour musium dan penjelasan mengenai koleksi dan diorama yang ada di museum.

Setelah itu, ada penjelasan sejarah dan kiprah ‘Sang Jenderal’. Berikutnya ada ‘Games Rasa Soedirman’, yakni membuat Teh Tiyung, teh kesukaan Pak Dirman berupa teh tubruk, gula batu dan jeruk nipis yang dengan seduhan air panas.

Kemudian, main bola kaki khusus kaki kiri, sebab menurut cerita Pak Dirman jago main bola, seorang bek handal yang kuat di kaki kiri.

Setelah itu, permainan ‘Usung Tandu’ untuk meneladani perjuangan beliau selama bergerilya melawan penjajahan Belanda.

Usai selesai semua kegiatan, rehat untuk menikmati sajian. Lagi-lagi spesial, kudapannya dodol /jenang dari Ciplukan, buah eksotis yang menjadi kegemaran Sang Jenderal

Lalu, makanan utamanya paduan  nasi jagung, urab dan iwak peyek, sajian tradisional yang konon juga kegemaran Sang Jenderal.

Sebagai informasi, Panglima Besar Jenderal Soedirman lahir di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga pada 24 Januari 1916.

Beliau wafat pada 29 Januari 1950 setelah memimpin perang gerilya melawan Agresi Militer Belanda dalam kondisi sakit. Atas jasa dan perjuangannya, Jenderal Soedirman menjadi pahlawan nasional.

 

 

Tinggalkan Balasan