Warga Purbalingga Wetan Dapat Pemeriksaan Diabetes

Dinas Kesehatan Purbalingga melalui Puskesmas Purbalingga menyediakan 2.400 stik untuk pemeriksaan kesehatan warga Kelurahan Purbalingga Wetan
Dinas Kesehatan Purbalingga melalui Puskesmas Purbalingga menyediakan 2.400 stik untuk pemeriksaan kesehatan warga Kelurahan Purbalingga Wetan

Dinas Kesehatan Purbalingga melalui Puskesmas Purbalingga menyediakan 2.400 stik untuk pemeriksaan kesehatan warga Kelurahan Purbalingga Wetan.

“Ini untuk mencegah penyakit tidak menular seperti diabetes,” kata petugas kesehatan dari Puskesmas Purbalingga, Dian Setiarini, di kantor Lurah Purbalingga Wetan, Senin 4 Juli 2022

Dian mengatakan, penyakit tidak menular seperti diabetes harus dilakukan langkah preventif seperti pengecekan kesehatan. Menurutnya, dengan melakukan langkah preventif, maka akan bisa diketahui langkah selanjutnya bagi warga apakah membutuhkan tindakan lanjutan atau tidak.

Bacaan Lainnya

“Dilakukan kegiatan ini untuk mengecek kesehatan dan langkah prenventif bagi penyakit tidak menular seperti diabetes,” katanya.

Dia menuturkan, pengecekan tersebut dilakukan kepada orang yang berusia 15 hingga 59 tahun.

Sejauh ini, ada satu warga dengan kadar gula darah hingga 300 sehingga perlu langkah lanjutan yaitu menjaga pola makan dan pengawasan bagi orang tersebut.

“Warga itu tidak menjaga pola makan sehingga kadar gula darahnya tinggi. Sehingga kami harus melakukan pengawasan,” ujarnya.

Dirinya mengimbau untuk orang dengan penderita diabetes untuk menjaga pola makan, mengurangi makanan manis, mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat yang dimungkinkan dari luar rumah.

“Kurangi jajan makanan di luar. Sehingga bisa meminimalkan resiko terkena diabetes,” pungkasnya.

 

 

Tinggalkan Balasan