Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Rizky Widyo Pratomo

Wahai Pemudik, Waspadai Tiga Titik Rawan Kecelakaan Saat Melintasi Purbalingga

Para pemudik yang akan melintas wilayah Kabupaten Purbalingga menuju kampung halamannya wajib mewaspadai sejumlah lokasi rawan kecelakaan.

Ada tiga titik yang menjadi lokasi rawan kecelakaan. Masing-masing di Jalur Bayeman, Desa Tlahab,  Lor Kecamatan Karangreja, ruas jalan. Raya Serang Jalur Wisata Kecamatan Karangreja dan Jalan Raya Bajong, Kecamatan Bukateja.

“Untuk jalur Bayeman, ini paling rawan. Sebab kondisi jalannya banyak tikungan tajam dan menurun sejak dari perbatasan Pemalang. Untuk yang tidak tahu medan, biasanya rem akan panas dan blong ketika sampai di wilayah Bayeman,” kata Kasatlantas Polres Purbalingga, AKP Rizky Widyo Pratomo

Karena itu, pihaknya mendirikan posko dan rest area di daerah Karangreja sebelum jalur Bayeman. Kendaraan akan diminta untuk istirahat sejenak sehingga remnya kembali norlam.

Kemudian, jalur wisata Serang juga rawan kecelakaan karena memiliki kontur yang sama dengan jalur Bayeman.

Banyak belokan tajam dan menurun. Jalur ini merupakan jalur alternatif kendaraan kecil dari Pulosari Pemalang, atau pengalihan kendaraan dari jalur utama Belik-Karangreja.

Selanjutnya, lokasi rawan kecelakaan yakni jalur Bajong-Bukateja. Jalan provinsi ini lebar dan lurus, namun minim penerangan. Sehingga penglihatan akan berkurang bila melintasi jalan ini pada malam hari.

“Kami menyiapkan pos terpadu di seluruh jalur tersebut. Bila memang merasa letih dan mengantuk, pemudik sebaiknya berhenti untuk beristirahat. Sehingga konsentrasi dalam mengendara tidak menurun dan kecelakaan dapat dicegah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan