Tradisi Tahlilan, Ini Pengertian dan Dalilnya

Tradisi Tahlilan
Tradisi Tahlilan

TABLOIDELEMEN.com – Dari sekian banyak bentuk ritual tradisi yang telah di aktualisasi oleh Islam Nusantara pada kehidupan beragama di Negara Indonesia, adalah tradisi Tahlilan.

Tradisi tahlilan memang diakui tidak pernah terjadi di masa Nabi Muhammad hingga para sahabat.

Sehingga untuk dapat memberikan pemahaman yang baik bagi pembaca, penulis mencoba menjabarkan landasan dalil tradisi tahlilan.

Bacaan Lainnya

Dari sisi istilah, tahlilan memiliki makna “bersama-bersama mengucapkan kalimat thayyibah dan kirim doa kepada seseorang yang telah meninggal dunia”.

Dari penjabaran tersebut memberikan informasi kepada kita bahwa, tahlilan adalah suatu bentuk ibadah yang dikerjakan oleh banyak orang dengan melafalkan kalimat thayyibah dan juga mengirim doa kepada sesama muslim yang telah meninggal dunia.

Tahlilan sendiri bisa dilaksanakan di berbagai tempat, baik di masjid, mushalla dan  majelis-majelis dzikir dengan semata-mata mengharapkan rahmat serta ridho dari Allah swt.

Tahlilan dapat kita temui di tengah-tengah masyarakat Indonesia pada hari pertama meninggalnya seorang mayit, hingga memasuki hari ketujuh, ke-40 bahkan sampai hari ke-100 dari kewafatan seorang mayit.

Tinggalkan Balasan