Sketchbook 2

Tips Memilih Sketchbook Untuk Pemula

Menggambar merupakan hobi paling umum di gemari masyarakat, baik dari anak kecil maupun orang dewasa. Namun, apakah kamu benar-benar suka menggambar? Atau sempat suka namu melupakannya karena kesibukan yang padat?

Baca Juga:Cara Membayar Hutang Puasa jika Lupa Jumlahnya

Untuk kamu yang bingung memilih buku sketsa yang tepat dan sesuai kebutuhan, Simak tips berikut agar kamu tidak salah dalam membeli sketchbook:

Jenis Kertas

Ada beberapa jenis dan karakter kertas untuk sketchbook yang wajib kamu ketahui sebelum membeli. Yang pertama acid free paper. Acid Free Paper adalah tipe kertas yang tak akan menguning, jadi tak perlu khawatir karyamu akan cepat rusak atau berubah warna nantinya.

Kedua, tekstur kertasnya. Tekstur kertas dibagi jadi tiga, hot-pressed, cold-pressed, dan rough. Hot-pressed akan membentuk kertas yang mulus tanpa tekstur sama sekali. Tekstur ini cocok untuk kamu yang suka menggunakan marker, pensil warna, bahkan cat air.

Ada pula cold-pressed yang teksturnya bergelombang, biasanya digunakan untuk cat air. Rough, yaitu kertas dengan permukaan yang cukup kasar cocok untuk kamu yang suka menggunakan media charcoal, pastel, dan soft pencil.

Teliti Memilih Buku Sketsa

Untuk media basah seperti marker dan cat mereka membutuhkan kertas jenis khusus. Kertas cat air umumnya tersedia dalam versi hot-pressed yang smooth dan cold-pressed yang bergelombang.

Sementara, untuk marker ada beberapa kertas khusus yang dijamin bisa membuat sapuan marker kamu terlihat rata dan tak akan tembus ke sisi baliknya.

Tinggalkan Balasan