Ternyata Brimob Pasukan Polisi Tertua di Indonesia, Begini Sejarahnya

Brimob Pasukan Polisi Tertua di Indonesia,
Brimob Pasukan Polisi Tertua di Indonesia,

TABLOIDELEMEN.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Brigade Mobile (Brimob) 14 November 2022

Penetapan HUT Brimob ini bertepatan dengan terbentuknya satuan ini pada masa kemerdekaan.

Sedangkan, tema HUT Brimob tahun 2022 ini adalah Berani Ikhlas Berbakti untuk Negeri.

Bacaan Lainnya

Mengutip laman resmi Korps Brimob Polri, Brimob merupakan Satuan tertua di kepolisian ini, lahir pada tanggal 14 November 1946.

Korps Brimob sekarang menjadi satuan elit Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi.

Sejak terbentuk, Brimob telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.

Sejarah HUT Brimob 14 November

Adapun sejarah terbentuknya Brimob, berawal dari organisasi bentukan Jepang yang bernama Tokubetsu Kaisatsu Tai. Organisasi ini lahir pada April 1944.

Organisasi ini dibentuk Jepang sebagai bagian dari strategi perang Asia Timur Raya.

Tujuannya adalah untuk membentuk tenaga cadangan yang dapat bergerak dengan cepat dan memiliki mobilitas tinggi.

Tokobetsu Keisatsu Tai beranggotakan para polisi yang membekali diri dengan persenjataan yang lebih lengkap dari polisi biasa.

Mereka pun masuk asrama dan mendapatkan pelatihan dan pendidikan militer dari tentara Jepang.

Karena itu adalah hal yang wajar jika sejak awal, Brimob adalah pasukan polisi yang terlatih, berdisiplin tinggi dan terorganisasi dengan rapi.

Mereka kemudian ditempatkan di setiap Karesidenan di seluruh Jawa, Madura dan Sumatera.

Brimob memegang senjata

Pada akhir tahun 1944 setiap Karesidenan tersebut telah memiliki satuan Tokubetsu Keisatsu Tai dengan kekuatan satu Kompi yang beranggotakan 60-200 orang.

Jumlah satuan kompi berbeda-beda setiap wilayah tergantung situasi. Adapun Komandan Kompi berpangkat Itto Keibu (Letnan Satu).

Ketika Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu, Indonesia pun memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus 1945.

Sejak itu seluruh satuan semimiliter dan militer di Indonesia pun bubar.

Tokubetsu Ketsatsu Tai menjadi satu-satunya kesatuan yang mengijinkan anggotanya untuk memegang senjata

Hal ini membuat anggota-anggota Tokubetsu Keisatsu Tai menjadi pioner dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Lima hari sejak proklamasi, tepatnya pada tanggal 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi Tk. I. Muhammad Jasin, pun membacakan naskah proklamasi dari Polisi Istimewa yang berbunyi, “Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan Poelisi sebagai Poelisi Repoeblik Indonesia”.

Brimob Polisi Istimewa

Sejak saat itulah, Satuan Tokobetsu Ketsatsu Tai berubah nama menjadi Polisi Istimewa dan pada akhirnya menjadi cikal bakal berdirinya Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Setelah setahun, pada tanggal 14 November 1946 seluruh kesatuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa dan pasukan Polisi Istimewa melebur menjadi Mobile Bragade (Mobrig). Atau sekarang terkenal dengan sebutan Brigade Mobile (Brimob).

Selanjutnya berdasarkan surat order Y.M. Menteri Kepala Kepolisian negara No. Pol. 23/61/tanggal 12 Agustus 1961 tanggal 14 november 1961 menetapkan menjadi hari Mobile Brigade ke 16.

 

 

Tinggalkan Balasan