Sedekah Subuh, Ini Cara Mengamalkannya dan Manfaat Serta Keutamaan

Sedekah Subuh
Sedekah Subuh

TABLOIDELEMEN.com – Sedekah Subuh merupakan kegiatan berbagi, mengeluarkan harta untuk diberikan kepada yang membutuhkan dan dilakukan setelah Salat Subuh atau sebelum matahari terbit.

Ada waktu terbaik untuk sedekah yang perlu diketahui, salah satunya yaitu sedekah subuh.

Karena saat subuh, malaikat turun dengan tugas mendoakan orang-orang yang bersedekah di waktu Subuh

Bacaan Lainnya

Untuk melaksanakan sedekah ini, tidak harus diberikan kepada orang yang membutuhkan saat pagi buta melainkan orang yang membutuhkan kapan saja.

Sedekah Subuh

Nah, berikut cara mengamalkan sedekah Subuh. Menurut almarhum Syekh Ali Jaber, melakukan sedekah Subuh tidak perlu mencari anak yatim atau orang yang tidak mampu.

Cara mengamalkannya yaitu cukup membuat kotak amal dari kaleng atau bolol. Setelah Salat Subuh dan sebelum melakukan aktivitas, isilah kotak tersebut dengan sedekah disertai dengan hajat atau permintaan.

Bila Anda melakukan Salat Subuh di masjid, maka Anda bisa mengisi kotak amal di masjid sebagai cara bersedekah.

Manfaat dan keutamaan sedekah subuh

Dikabulkan permintaan

Selanjutnya, manfaat dan keutamaan sedekah subuh yaitu dikabulkan permintaan. Seperti halnya berdoa, niatkan sedekah subuh yang kamu berikan untuk kemudahan segala urusan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin doanya dikabulkan (Oleh Allah) dan dilepaskan dari kesulitan, hendaknya dia membantu orang untuk mengatasi kesulitannya.” – HR. Tirmidzi.

Didoakan Malaikat

Bersedekah di waktu subuh senantiasa akan didoakan malaikat. Hal tersebut terdapat sebuah hadist tentang sedekah subuh:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim

Menghapus dosa

Manfaat dan keutamaan sederka Subuh dapat menghapus dosa-dosa.

Kalau ingin segala dosa diampuni, maka banyak-banyaklah bersedekah, terutamaa saat subuh.

Dalam hadis diriwayatkan: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” – HR. Tirmidzi

Kebaikan dilipatgandakan dan pintu surga

Kebiasaan bersedekah subuh memiliki manfaat luar biasa yaitu akan dilipatgandakan kebaikan dan kunci pintu surga.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 261, Allah berfirman: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Harta menjadi berkah

Harta yang berkah adalah harta yang memiliki banyak nilai manfaat baik di dunia dan di akhirat. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” – HR. Muslim.

Tinggalkan Balasan