Salat Jumat Hukumnya Wajib bagi Laki-Laki Muslim, Berikut Penjelasan

Salat Jumat Hukumnya Wajib bagi Laki-Laki Muslim
Salat Jumat Hukumnya Wajib bagi Laki-Laki Muslim

TABLOIDELEMEN.com – Salat Jumat merupakan kewajiban tersendiri bukan sebagai pengganti Salat zuhur. Jika seseorang tertinggal Salat Jumat maka dia wajib melaksanakan Salat zuhur empat rakaat.

Salat Jumat hukumnya wajib atau fardu ain bagi setiap laki-laki muslim. Salat Jumat merupakan salah satu kewajiban setiap muslim yang dilaksanakan pada hari Jum’at di waktu Zuhur.

Merangkum NU Online, Salat jumat hukumnya fardu ain, berikut informasi lengkap mengenai Salat jumat hukumnya farduain, beserta tata cara pelaksanaannya

Bacaan Lainnya

Salat Jumat Hukumnya Fardu Ain

Salat Jumat hukumnya fardu ain artinya wajib bagi setiap laki-laki muslim dan sunnah bagi wanita muslim. Hal tersebut sesuai dengan hukum atau ketentuan yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadist dalam Surat Al Jumuah ayat 9 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan Salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumuah: 9).

Berikutnya di dalam Al-Quran juga diterangkan bahwa Salat Jumat disebut sebagai ibadah yang wajib dilaksanakan bagi kaum laki-laki. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim dengan arti yang berbunyi:

“Salat Jumat itu wajib bagi setiap muslim dengan berjamaah kecuali empat orang: budak, wanita, anak-anak atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim).

Tinggalkan Balasan