Rumah BUMN Bantu Buka Akses Pasar Pelaku UMKM

Rumah BUMN Bantu Buka Akses Pasar Pelaku UMKM

Rumah BUMN Bantu Buka Akses Pasar Pelaku UMKM

Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi satu terobosan program Kementerian BUMN untuk peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

“Saat ini, sudah ada di 34 provinsi untuk melatih mereka dari pelaku UMKM,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting

Selain itu lanjut Ginting, pihaknya juga telah menyiapkan lima inisiatif dukungan untuk mencapai target 1 juta wirausaha baru pada 2024.

Inisiatif pertama berupa pemberian pelatihan bagi pelaku UMKM agar sektor tersebut naik kelas.

Bentuk dukungan kedua ialah menyediakan pembiayaan dari kemitraan maupun akses di berbagai lembaga keuangan, yakni bank dan nonbank.

Selanjutnya, pihaknya juga siap menyerap produk yang dihasilkan UMKM mengingat pemerintah wajib menyerap 40 persen produk UMKM.

“Kita juga siap memberikan akses pasar yang lebih luas, misalnya Pasar Digital UMKM dan pasar offline seperti Sarinah di Jakarta,” kata Ginting

Terakhir, Kementerian BUMN dengan beberapa kementerian lain bekerja sama menyediakan tempat-tempat usaha di infrastruktur publik yang strategis.

“Kita harapkan semuanya mendorong UMKM menjadi wirausaha mapan,” katanya.

 

 

Tinggalkan Balasan