Purbalingga Terima Program Upland dari Kementerian Pertanian Senilai 23 Milyar

Purbalingga Terima Program Upland dari Kementerian Pertanian Senilai 23 Milyar
Purbalingga Terima Program Upland dari Kementerian Pertanian Senilai 23 Milyar

TABLOIDELEMEN.com – Kabupaten Purbalingga menjadi satu dari 14 kabupaten/kota di Indonesia penerima program proyek Upland 2021-2024

Purbalingga mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia sebesar Rp23 Miliar.

Program Upland merupakan kegiatan pengembangan komoditas pertanian unggulan dari hulu sampai hilir secara komprehensif dan berorientasi ekspor serta merupakan Proyek Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu di Daerah Dataran Tinggi (The Development of Integrated Farming System at Upland Area).

Bacaan Lainnya

“Anggaran Program Upland ini 23 Milyar, multi years mulai 2021 sampai dengan 2024, ada 32 kelompok tani dan satu KUB dari 22 desa yang ada di Kecamatan Kejobong dan Pengadegan yang mendapatkan bantuan program Upland ini,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat Launching Program Upland Kabupaten Purbalingga, di lapangan Desa Bandingan Kecamatan Kejobong, Rabu 7 Desember 2022.

Bupati Tiwi dalam sambutannya menyampaikan akan mengembangkan komoditas lada dan kambing khas Kejobong.

Ini merupakan plasma nutfah sumber daya alam genetik asli Purbalingga dan sudah mendapatkan penghargaan resmi dari Kementerian Pertanian RI.

“Kita ingin berdayakan agar kambing khas kejobong ini bisa bertambah populasinya dan mengembalikan kejayaan lada di Purbalingga,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam merinci, 32 kelompok tani tersebut akan mendapatkan bantuan berupa 67 ekor kambing, kandang kambing

Kemudian,  alat pengolah pupuk organik, jalan usaha tani, sumur bor, bibit lada, pupuk organik, serta bibit hijauan pakan.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengembangkan melalui program upland kambing dan lada

“Akan terus kita kembangkan mudah-mudahan populasi kambing serta sentra lada di Kejobong dan Pengadegan bisa kita bangkitkan kembali,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Purbalingga Sudono, Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan, dan Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan Rahmanto.

 

 

Tinggalkan Balasan