Mengenal Kopi Kendil Desa Sirandu Purbalingga yang Punya Cita Rasa Tinggi

Kopi Kendil Desa Sirandu Purbalingga yang Punya Cita Rasa Tinggi
Kopi Kendil Desa Sirandu Purbalingga yang Punya Cita Rasa Tinggi

TABLOIDELEMEN.com – Racikan kopi untuk menjadi minuman masih menjadi pilihan, karena mempunyai cita rasa tinggi.

Seperti halnya Kopi Kendil dari Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. salah satu desa sentra kopi lokal di Purbalingga.

“Petani kopi di Desa Sirandu biasanya menjual hasil panen mereka kepada tengkulak. Namun, harga tersebut belum mencerminkan potensi sebenarnya dari kopi lokal yang dihasilkan di daerah ini,” kata pemilik Kopi Kendil, Karyono Rabu 19 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Dengan modal awal yang terbatas, Karyono bersama teman-temannya memutuskan untuk bergerak maju dan mencari cara agar petani kopi Desa Sirandu mendapatkan harga yang lebih baik.

“Kami berlima mengumpulkan dana sebesar Rp.250.000. Setiap orang menyumbang sebesar Rp.50.000. Dana terkumpul itu untuk membeli bahan baku kopi sebanyak 2 kg dengan harga Rp.40.000,” katanya.

“Untuk roasting masih tradisional menggunakan kendil. Ini awal kami memberi nama Kopi Kendil,” ungkapnya

Kopi Kendil dengan kemasan pouch 100 gram yang praktis seharga Rp.15.000.

Selain itu, Kopi Kendil juga memberikan layanan roasting kopi dengan harga Rp.10.000,- per kilogram.

Dengan begitu, Kopi Kendil tidak hanya menjual produk kopi siap saji, tetapi juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menikmati kopi dengan cita rasa yang sesuai dengan keinginan mereka.

“Harapannya, Kopi Kendil dapat memotivasi para pemuda lainnya untuk berani mengambil langkah mengembangkan potensi-potensi lokal yang ada,” imbuhnya di Sirandu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga

“Melalui usaha Kopi Kendil, Desa Sirandu kini semakin banyak masyarakat mengenal sebagai sentra kopi berkualitas,” imbuhnya.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan