Makam Eyang Gusti Aji Pekuncen, Destinasi Wisata Religi di Desa Petahunan Kabupaten Banyumas

Makam Eyang Gusti Aji Pekuncen
Makam Eyang Gusti Aji Pekuncen

TABLOIDELEMEN.com – Destinasi wisata religi di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah kerap didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

Destinasi wisata petilasan ini yang memiliki unsur sakral dan misteri

Lazimnya, pengunjung yang datang memiliki  tujuan untuk melakukan ritual ziarah, menaikan doa kepada para leluhur yang ada dan meminta diberikan kelancaran dalam memperoleh rezeki.

Bacaan Lainnya

Terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas

Makam Eyang Gusti Pekuncen ini juga memiliki potensi wisata religi yang belum banyak dikenal orang dan tekspose di media sosial.

Desa tempat makam ini berada pada ketinggian 420 meter di atas permukaan laut.

Petilasan ini adalah tempat peristirahatan seorang ulama penyebar Agama Islam di wilayah Kecamatan Pekuncen  khususnya dan Kabupaten Banyumas pada umumnya.

Salah satu tokoh agung yang dimakamkan di desa ini adalah Panembahan Giri Rahayu atau yang dikenal dengan Eyang Gusti Aji.

Juru kunci makam, Nasrun, yang merupakan warga setempat menjelaskan bahwa Eyang Gusti Aji meninggal pada 13 Mei 1985. Beliau memiliki satu orang istri dan dua orang anak yang juga dimakamkan berdekatan.

Makam ini pernah dikunjungi Presiden RI kedua, Soeharto. Pernah juga dikunjungi oleh Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

 

 

Tinggalkan Balasan