aa

Kepala Desa di Purbalingga Usulkan Pengadaan Kendaraan Siaga Satgas Covid-19

Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Purbalingga yang tergabung dalam Paguyuban Wirapraja mengusulkan pengadaan kendaraan siaga bagi Satgas Covid-19 di desa dengan menggunakan Dana Desa (DD).

Hal itu disampaikan Ketua Paguyuban Wirapraja Karsono saat audensi dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) di ruang rapat bupati, Senin (1 Oktober 2021).

“Kami mohon ibu bupati bisa memfasilitasi kami untuk berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa (Kemendes) terkait rencana tersebut,” katanya.

Karsono mengungkapkan, pertemuan ini dalam rangka penyampaian sejumlah usulan-usulan khususnya terkait penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan DD.  Total kebutuhan ADD 2022 mencapai Rp 125,7 miliar. Sedangkan ADD eksisting yakni Rp 119 miliar.

“Sehingga masih ada kekurangan sekitar Rp 6,7 miliar. Sementara iuran BPJS untuk Kades dan Perangkat Desa sebesar Rp 7,678 miliar dikembalikan tanggungannya ke Pemerintah Daerah,” katanya.

Bupati Tiwi menyampaikan, terkait dengan usulan kebutuhan ADD tahun 2022 akan dirapatkan dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Mengenai usulan pengadaan kendaraan siaga, dipersiapkan bersama untuk audiensi dengan Kemendes dan Kemendagri.

“Persiapkan argument-argumen yang mendukung, hasil pertemuan harus ada hitam di atas putih tidak sekadar lisan. Sehingga dokumen kesepakatan bisa dijadikan acuan/dasar hukum,” katanya.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menerima audensi Paguyuban Kades Wirapraja, di Ruang Rapat Bupati, Senin (1 Nopember 2021).

 

Tinggalkan Balasan