90078715467 shalat tarawih

Jangan Sholat Tarawih Terburu-buru! Ini Hukumnya

Tarawih adalah sholat sunah yang dilakukan di bulan Ramadan, waktu pelaksanaanya setelah sholat Isya dan dilakukan secara berjamaah di masjid.

Sholat harus dilakukan dengan khusuk dan tuma’ninah, bagaimana hukumnya jika sholat dilakukan dengan terburu-buru?

Kata tarawih berasal dari bahasa arab yang artinya “istirahat”. Bisa dikatakan sholat tarawih adalah sholat yang santai dan penuh dengan tuma’ninah(ketenangan).

Di zaman Nabi Muhammad tarawih dilaksanakan hanya 3 malam saja, hal ini sesuai dengan hadis berikut:

قُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَيْلَةَ ثَلاَثٍ وَعِشْرِينَ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الأَوَّلِ ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ ثُمَّ قَامَ بِنَا لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنْ لاَ نُدْرِكَ الْفَلاَحَ

“Kami shalat tarawih bulan Ramadhan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam ke-23 hingga sepertiga malam pertama, kemudian kami shalat lagi pada malam ke-25, hingga pertengahan malam, kemudian beliau mengimami kami pada malam ke-27 hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak bisa ngejar sahur.” (HR. Ahmad 18899 dan sanadnya dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Dalam hadist tersebut bisa di artikan bahwa Nabi Muhammad sholat tarawih dengan tenang,hingga sampai akhir malam. Lantas mengapa kita terburu buru dalam menyelesaikan sholat tarawih?

Orang yang mengerjakan sholat namun tidak tuma’ninah maka sholatnya batal, Hadis dari Hudzifah radhiyallahu ‘anhu:

Bahwa beliau pernah melihat ada orang yang tidak menyempurnakan rukuk dan sujud ketika shalat, dan terlalu cepat. Setelah selesai, ditegur oleh Hudzaifah, “Sudah berapa lama anda shalat semacam ini?” Orang ini menjawab: “40 tahun.” Hudzaifah mengatakan: “Engkau tidak dihitung shalat selama 40 tahun.” (karena shalatnya batal).

Demikian yang saya sampaikan, wallahu a’lam bishawab.

(Siswa magang dari SMK N 1 BUKATEJA)

 

 

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.