Set Top Box untuk TV Analog

Ini Syarat STB Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu Agar Nikmati TV Digital

Untuk bermigrasi menikmati siaran TV analog ke TV Digital diperlukan Set Top Box (STB).

Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Peremenkominfo) Nomor 4 Tahun 2029 tanggal 28 Juni 2019, tentang persyaratan teknis alat dan atau perangkat telekomunikasi untuk keperluan penyelenggaraan televisi dan radio.

“Masyarakat bisa membeli STB yang telah direkomendasi oleh Kemenkominfo yakni dengan logo mody. Keuntungannya bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya,” kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Auloa Assyahddin saat webinar migrasi TV Digital dengan tema transformasi digital menuju tranformamsi TV digital, Selasa 15 Maret 2022.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang kurang mampu akan diberikan bantuan STB oleh pemerintah dengan syarat terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

“Untuk lebih jelasnya bisa mengakses di https://siarandigital.kominfo.go.id,” tuturnya.

Ia mengingatkan, dalam membeli STB harus berhati-hati karena banyak ragamnya STB. Dari yang murah, sampai yang mahal.

Untuk itu masyarakat harus cermat dalam membelinya. Sarannya harus melihat dulu apakah STB itu sudah mendapatkan sertifikat dari kemenkominfo apa belum.

“Jangan sampai sudah dibeli namun tidak bisa digunakan. Mumpung belum beralih ke digital diharapkan masyarakat sudah membelinya agar setelah proses Analog Switch Off (ASO)  bisa langsung menerima signal TV Digitalnya,” katanya

 

 

Tinggalkan Balasan