20 cara mudah berhemat mulai dari disiplin hingga menghargai waktu Xw0iOfXCTo

Simak Tips Berhemat di Bulan Ramadan

Ketika ramadan tiba umumnya akan sangat banyak pengeluaran dan kebutuhan yang kita lakukan.

Berpuasa jika kita tidak mengatur keuangan dengan baik, maka akan berdampak pada borosnya dana yang dikeluarkan.

Untuk menghindari persoalan tersebut simak tips berikut ini untuk mencegah terjadinya pemborosan

Masak Sendiri di Rumah

Masak sendiri di rumah sangat di anjurkan, karena bagaimanapun akan tetap hemat dan murah. Selain lebih menghemat, anda juga bisa memasak sesuai keinginan sendiri dan lebih higienis.

Namun, masak sendiri akan memakan banyak tenaga dan waktu. Kita harus berbelanja membeli bahan yang akan dimasak dan bumbu bumbu yang dibutuhkan.

Hindari Berbuka Puasa di Luar

Hindari untuk kita berbuka puasa di luar, Biasanya harga makanan menjadi mahal dan tidak ada penurunan harga. Jika bukan hal yang mendesak, lebih baik hindari membeli makanan dan minuman di luar agar pengeluaran tetap stabil dan tidak boros.

Berbuka Yang Mengenyangkan

Untuk menghindari membeli terlalu banyak makanan, lebih baik berbuka dengan yang mengenyangkan dan bergizi. Dan jangan lupa membeli minuman halal menurut islam walau sedang menghemat pengeluaran.

Memiliki Target Keuangan

Saat kita memasuki bulan Ramadan, kita harus memiliki rencana keuangan yang jelas dan terukur untuk bulan Ramadan. Hal ini menyebabkan tanpa perencanaan keuangan, akan sulit bagi kita untuk mengontrol keuangan kita dan kita akan membuang banyak uang.

Jajan Secukupnya

Sebaiknya jangan jajan atau membeli sesuatu saat masih berpuasa. Karena jajan atau membeli makan saat berpuasa akan membeli secara banyak, dan akan mengeluarkan dana yang banyak untuk itu. Oleh karena itu beli lah saat sudah selesai berpuasa.

(Siswa Magang dari SMK N 1 Bukateja )

Tinggalkan Balasan