amal bakti

Hari Amal Bhakti Kementerian Agama. Ini Kegiatan Peringatan di Purbalingga

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Purbalingga memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama.

Rangkaian kegiatan telah disiapkan, ada 8 kegiatan diantaranya adalah pemasangan baliho, spanduk serentak di instansi di bawah Kementerian Agama seperti KUA dan Madrasah. Kemudian akan dilakukan kerja bakti kebersihan lingkungan satuan kerja.

“Kemudian upacara bendera yang akan diadakan pada 3 Januari 2022, lomba memasak. Lalu istighozah yang diadakan pada 4 Januari 2022,” kata Kepala Kankemenag Purbalingga Karsono kepada tabloidelemen.com,

Dia menambahkan, kegiatan olahraga Bulutangkis, Catur dan Tenis Meja pada 5-6 Januari 2022 juga akan ikut memeriahkan HAB 2022, Kamis (30 Desember 2021).

Kemudian akan ada pentasyarufan zakat kepada 90 penerima yang teeiri dari guru madrasah, TPQ dan masyarakat umum yang membutuhkan.

“Pentsyarufan zakat akan dilakukan oleh UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kankemenag Purbalingga pada 11 Januari 2022 mendatang,” katanya

Karsono mengatakan, untuk mengenang pengusul pendirian Kementerian Agama, Kankemenag Kabupaten Purbalingga akan melakukan ziarah ke makam KH Abu Dardiri di Pekih, Purwokerto Banyumas.

Menurutnya, di sekitar Purbalingga ada tokoh yang berperan di tingkat nasional yang perlu dikenang dan diingat oleh generasi penerus.

“Di sekitar kita ada tokoh besar dan kebetulan dari Kementerian agama yaitu KH Abu Dardiri yang mengusulkan pendirian kementerian agama,” katanya.

Rencananya, Kankemenag Purbalingga akan melakukan ziarah pada Jum’at 31 Desember 2021 besok. Abu Dardiri adalah tokoh Muhammadiyah kelahiran Gombong Kebumen yang pernah bertugas di Purbalingga jelang kemerdekaan RI.

Dia adalah pengusul lahirnya Kementerian Agama sehingga agama-agama di Indonesia mendapat payung.

“Besok kita akan melakukan ziarah ke makam beliau sebagai wujud mengenang jasa-jasa beliau,” ujarnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan