Gubernur Ganjar Pranowo Tinjau Longsor di Desa Bantar Banjarnegara, Kondisi Darurat Bisa Gunakan Belanja Tidak Terduga dari APBD

Gubernur Ganjar Pranowo Tinjau Longsor di Desa Bantar Banjarnegara
Gubernur Ganjar Pranowo Tinjau Longsor di Desa Bantar Banjarnegara

TABLOIDELEMEN.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melihat lokasi bencana alam tanah longsor di Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjanegara, Kamis 27 Oktober 2022.

Gubernur Ganjar memberikan apresiasi atas kerja cepat BPBD dan para relawan membuat akses jalan alternatif bagi warga.

“Tanggap darurat, biasanya kalau sudah begini ya relokasi,” kata Ganjar

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, untuk warga terdampak bencana longsor Desa Bantar akan dicarikan solusinya agar mendapatkan tempat tinggal yang aman.

Karena, pergerakan tanah yang meluas hingga ke rumah-rumah warga sekitar mengharuskan adanya relokasi.

“Tanah bergerak tidak sekali langsung longsor tapi pelan-pelan, jika bergerak berikutnya dan terjadi percepatan maka warga harus mengungsi. Yang penting warga selamat,” katanya

Gubernur Ganjar juga berharap Pemkab Banjarnegara memasang alat Early Warning System (EWS) di seluruh wilayah rawan akan bencana tanah longsor.

Alat tersebut bisa dipasang untuk mendeteksi pergerakan tanah agar masyarakat biaa tahu kondisinya.

Sedangkan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak Gubernur meminta Pj Bupati untuk segera menyatakan kondisi darurat agar dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dari APBD bisa segera dipergunakan.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga meninjau dapur umum, Posko Darurat serta menyapa warga dan pengungsi di Bantar Wanayasa Banjarnegara

Dalam kegiatan itu Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH, Sekretaris Daerah Indarto, Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto, Camat Wanayasa dan Kepala Desa Bantar mendampingi Gubernur Ganjar melihat langsung kondisi tanah longsor yang memutus jalan penghubung antara Desa Bantar dengan Desa Suwidak.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan