SD Galor

Gladi Bersih Asesmen Nasional Jenjang SD di Purbalingga Terkendala Server Down

Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Purbalingga sudah melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional (AN) 2021.

Namun, dalam pelaksanaan program dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini terjadi kendala.

“Di tengah sesi pengerjaan, server pusat sempat down. Mungkin karena melampaui kapasitas, gladi bersih ini diikuti serentak. Bersamaan secara nasional,” kata Guru SD Negeri 1 Tlahab Lor, Karangreja, Suwendi, Senin (25 Oktober 2021)

Ia menjelaskan, pihaknya melaksanakan gladi bersih AN secara online dan mandiri. Ada 24 peserta didik dari klas V yang ditentukan Kemendikbudristek mengikuti kegiatan ini. Mereka difasilitasi chromebook   untuk mengerjakan materi berupa literasi membaca dan numerasi, serta survey karakter dan lingkungan belajar.

“Untuk penggunaan chromebook  tidak ada masalah. Anak-anak sudah bisa menggunakan, karena sama seperti menggunakan ponsel. Chromebook    bisa digunakan touchscreen atau layar sentuh. Jadi anak-anak lebih mudah menggunakan dan tentunya semangat, daripada menggunakan laptop atau PC,” kata Suwendi yang telah mengikuti diklat penggunaan chromebook

Kendala yang sama dialami peserta didik di SD Negeri 1 Purbalingga Lor. Kepala Sekolah, Hartati menuturkan, 30 peserta didik yang dibagi menjadi dua sesi mengikuti gladi bersih ini. Namun, saat mengisi survey karakter, server pusat mengalami kendala.

“Anak-anak sudah mengisi jawaban materi literasi membaca dan numerasi. Saat akan melanjutkan mengisi survey karekter, server pusat down,” ungkap Kepala SD Negeri 1 Purbalingga Lor, Hartati.

Tinggalkan Balasan