Jejaring sosial raksasa Facebook

Facebook Saingi TikTok, Bakal Rombak Tampilan

Jejaring sosial raksasa Facebook tengah menyiapkan strategi menyaingi popularitas TikTok  yang lebih “matang” dari sebelumnya.

Kabarnya, Facebook akan merombak tampilan di platform mereka agar mirip dengan TikTok.

Head of Facebook App Tom Alison dalam sebuah memo, sebagaimana laporan The Verge mengatakan, strategi pertama yang akan menjadi fokus Facebook adalah mengubah platform menjadi “Discovery Engine”

Pengguna akan mendapat rekomendasi konten dari akun atau kreator yang “tidak terkait” dengan mereka atau belum mereka ikuti.

Nantinya, rekomendasi utama dari konten yang disuguhkan, baik Facebook Reels, unggahan, foto, dan sebagainya, akan hadir dari akun-akun yang tidak terhubung dengan pengguna.

Pengguna akan menerima dan melihat konten yang lebih banyak dari akun-akun asing secara acak dan melihat lebih sedikit unggahan dari kerabat atau saudara mereka.

Kira-kira, “Discover Engine” ini bakal mirip fitur “For You” alias FYP di TikTok. Sebetulnya, strategi tersebut telah terpasang terlebih dahulu di Instagram Reels saat ini.

Instagram Reels seringkali menyuguhkan konten-konten dari akun acak yang bisa jadi tidak terkait dengan pengguna.

Jumlah unggahan dari akun acak terpantau jauh lebih banyak daripada unggahan dari akun yang terikuti pengguna. Hal ini karena Reels juga mengadopsi sistem pada Tiktok.

Berbagai alasan juga dijelaskan Alison terkait pertimbangan dan keputusan dari perusahaannya yang ingin merombak tampilan Facebook agar “mirip” Tiktok.

Anda Suka, Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.