DLH Purbalingga Sosialisasikan Pengolahan Sampah, Dorong Masyarakat Olah Sampah Mandiri

DLH Purbalingga Sosialisasikan Pengolahan Sampah
DLH Purbalingga Sosialisasikan Pengolahan Sampah

TABLOIDELEMEN.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan sosialisasi pengolahan sampah di Pendopo Kecamatan Purbalingga, Rabu 16 November 2022.

Kepala Bidang PSL B3 PKLH DLH, M. Nurdin Lutofa mengatakan dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat mampu mengolah sampah secara mandiri di tingkat kelurahan/ desa melalui TPS3R.

Setelah itu, residu hasil pengolahan TPS3R akan diolah kembali di TPS Terpadu (TPST) kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Dibutuhkan bimbingan dan komitmen semua pihak untuk membangun sebuah sistem pengolahan sampah di mana ke depannya sudah tidak dibuang ke TPA akan tetapi akan diolah di TPST,” ujarnya.

Nurdin melanjutkan, di TPST sampah organik akan diolah dengan budidaya maggot yang akan menghasilkan maggot sebagai pakan ternak dan pupuk kompos hasil maggot tersebut.

Sedangkan sampah anorganik akan didaur ulang dengan kerja sama beberapa pihak, dan sisa atau residunya diselesaikan dengan tungku pembakar sampah.

“Sudah ada beberapa desa/ kelurahan yang memiliki kesadaran untuk mengelola sampah secara mandiri meskipun secara teknis masih perlu ditingkatkan,” pungkasnya

 

 

Tinggalkan Balasan