VAKSIN 2

Cakupan Vaksin Jawa Tengah. Dosis Pertama 77,41 Persen, Dosis Kedua 58,25 persen

Cakupan vaksin Covid-19 di Propinsi Jawa Tengah menggembirakan, untuk dosis pertama telah mencapai 77,41 persen.

“Sedangkan untuk dosis kedua sudah mencapai 58,25 persen dan dosis ketiga mencapai 0,6 persen,” kata Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno saat video converance (vidcon) penanganan Covid-19, Senin (27 Desember 2021).

Ia mengatakan, upaya percepatan vaksinasi di Jawa Tengah menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, telah dilakukan dengan optimalisasi dan penambahan fasilitas kesehatan siap vaksin. Kemudian penambahan tim vaksinator yang berbasis di Desa atau Kelurahan.

“Vaksinasi juga dilakukan dengan metode jemput bola dan kerja sama dengan institusi organisasi profesi seperti IDI, IDAI, PPNI, IBI serta pelibatan Lintas sektoral yakni bersama TNI/Polri dan lainnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan, untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru Covid-19 yang dikenal Omicron, diinstruksikan kepada Bupati/Walikota untuk menyediakan rumah sakit rujukan.

“Melakukan sosialisasi secara terus menerus, Memastikan ketersediaan ICU untuk pasien Covid-19. “Memastikan kondisi Bed Occupancy Rate (BOR) di setiap rumah sakit. Kemudian juga testting dan tracing agar ditingkatkan lagi,” katanya.

Ia menegaskan, Gubernur Ganjar juga meminta kepada RT/RW agar melakukan pendataan jika terjadi lonjakan arus mudik Natal dan Tahun Baru diwilayahnya.

“Pak Gubenur juga mewanti-wanti agar selalu waspada jika memasuki tempat-tempat wisata,” katanya.

Hadir pada kegiatan vidcon Wakil Bupati Purbalingga, Forkompimda Purbalingga, dan satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purbalingga.

 

 

Tinggalkan Balasan