kopi malang

Berkebun di Rumah, Ini Tips yang Wajib Anda Coba!

Munculnya tren baru yakni berkebun selama masa pandemi ini, membuat hampir semua kalangan melakukan hobi ini.

Mulai dari orang tua hingga anak muda menyukai kegiatan berkebun ini.

Berkebun sendiri dapat dilakukan bagi yang memiliki lahan sedikit maupun banyak.

Kegiatan ini tidak selalu tentang menanam sayuran, namun juga dapat menanam tanaman hias ataupun tanaman lainnya. Berkebun dapat dijadikan alternatif pilihan untuk mengurangi rasa stres akibat dari dampak pandemi.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang baru mulai berkebun :

Pilih Tanaman yang Sesuai dengan Keadaan Lingkungan

Seringkali kita melupakan bahwa tidak semua tanaman yang kita inginkan bisa hidup jika kita tanam dilingkungan kita. Nah, pilih tanaman yang cocok dengan iklim dan keadaan lingkungan yang akan ditanam.

Hal ini untuk menghindari tanaman akan mati setelah dipindah dalam pot ataupun media tanam lainnya.

Pilih Media Apa yang Ingin Digunakan

Dalam berkebun, media tanam adalah hal yang sangat penting, media tanam memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Ada yang menggunakan media tanam tanah.

Media ini sangat mudah ditemukan bagi yang tinggal du lingkungan yang tidak padat penduduk. Hampir semua tanaman dapat ditanam dengan media tanam ini. Selain itu ada media tanam dengan air atau biasa dikenal dengan Hidroponik.

Teknik ini akan lebih disarankan bagi Anda yang menyukai tanaman organik dan tidak perlu repot untuk mencari lahan yang besar. Dalam perawatannya, media hidroponik ini dinilai lebih sulit karena menggunkan sistem yang harus sesuai dan tepat.

Menata Tanaman Sesuai Ukuran Ruangan

Tidak semua orang memiliki ruangan yang luas untuk menata tanaman mereka. Apabila Anda memiliki ruangan yang kecil, usahakan untuk menata tanaman Anda secara vertikal dan letakkan beberapa tanaman secara menggantung. Fungsinya agar ruanganmu tidak terlihat sumpek dan penuh dengan keberadaan tanamanmu.

Gunakan Pupuk Sesuai Aturan

Penggunaan pupuk pada tanaman juga perlu Anda perhatikan ya! Gunakan pupuk pada media tanam secukupnya dan sesuaikan juga dengan jenis tanamannya. Jangan sampai tanaman Anda justru mati karena penggunaan pupuk yang terlalu banyak dan salah.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan memulai berkebun di rumah. Selamat mencoba ya!

 

 

Tinggalkan Balasan