Putar balik

Awas Jangan Sampai Tertabrak Kendaraan Lain Saat Putar Balik

Melakukan manuver putar balik yang tidak melebar memang perlu perhitungan, keseimbangan, dan keahlian.

Area putar balik di jalan raya kadang membuat para pengguna jalan kesal. Biasanya, ada saja pengendara motor yang terlalu melebar sehingga menutup lajur kendaraan dari arah berlawanan.

Untuk para pemula, mungkin memang lebih nyaman untuk sedikit melebar, tetapi bisa berbahaya karena rawan tertabrak kendaraan lain.

Lalu, bagaimana caranya agar putar balik tidak terlalu melebar dan mengganggu lalu lintas?

Head of Safety Riding Promotion, Wahana Agus Sani mengatakan, tips pertama yang harus diketahui pengendara adalah harus bisa mengendalikan keseimbangan dan membuka gas dengan tepat.

“Dengan begitu, lingkaran saat putar balik jadi tidak melebar. Motor juga harus agak miring ke dalam dan postur badan keluar (seperti naik motor cross) sehingga keseimbangan motor dapat terjaga,” kata Agus

Langkah selanjutnya adalah membuka gas secara perlahan saat akan lepas dari putaran. Hal ini dilakukan agar ban depan tidak selip yang nantinya bisa membuat pengendara kehilangan keseimbangannya.

“Terakhir, gunakan rem belakang untuk mengontrol keseimbangan motor. Jika menggunakan rem depan, kemungkinan ban depan akan mengunci sehingga tergelincir karena posisi motor yang tidak lurus,” kata Agus.

 

 

Tinggalkan Balasan