Asesmen Nasional Bukan Pengganti Ujian Nasional. Simak Ini, Orang Tua Murid Harus Tahu

Asesmen Nasional
Asesmen Nasional

Asesmen Nasional atau AN 2021 mungkin masih belum biasa terdengar di telinga. Padahal, sejumlah sekolah di wilayah Indonesia sudah memulai melaksanakan AN ini.

Namun, masih banyak orangtua, murid, yang kebingungan akan AN. Misalnya, tujuan AN 2021digelar, lalu tesnya seperti apa, untuk apa hasilnya, hingga bedanya dengan ujian nasional.

tabloidelemen.com mengutip laman Direktorat Jenderal Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), tentang AN 2021. Simak penjelasannya

Bacaan Lainnya

Apakah AN 2021 menggantikan Ujian Nasional (UN)?

AN 2021 tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual.

Namun AN 2021 menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, AN 2021akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah.

Laporan hasil AN 2021akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

Apakah AN 2021 menentukan kelulusan peserta didik?

Tidak, AN 2021 tidak menentukan kelulusan. AN 2021diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan.

AN 2021 juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil AN 2021 tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual.

Hasil AN 2021 diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, AN 2021tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan.

Tinggalkan Balasan