dianpinsat scaled e1640374871151

6 Pramuka Penegak Kwarcab Kabupaten Purbalingga Ikut Dianpinsa Jawa Tengah 2021

Sebanyak 6 orang anggota Pramuka Penegak Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga mengikuti Gladian Pimpinan Sangga (Dianpinsa) Jawa Tengah 2021

Mereka adalah, Kak Tangkas Apra Giffani dari SMA Negeri 2 Purbalingga, Kak Adnan Mikolas (SMK YPT 2 Purbalingga), Kak Febri Arianto (SMK Ma’arif NU Bobotsari), Kak Nabila Eka R (SMK Negeri 1 Purbalingga), Kak Yolan Tresna Hapsari (SMA Negeri 1 Karangreja), dan Kak Nadirah Dwi Maulidiyah (MAN Purbalingga).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Jawa Tengah ini, diikuti seluruh perwakilan Kwarcab di Kwarda Jawa Tengah.

Dianpinsa diselengarakan secara daring via zoom meeting (15-18 Desember 2021) dan luring dibagi per Binwil, untuk kegiatan perkemahan (20-23 Desember 2021) dan penutupan pada (24 Desember 2021).

Peserta Dianpinsa, Kak Nadirah Dwi Maulidiyah menuturkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih ketangguhan dan mengoptimalkan peran Pinsa untuk mewujudkan Ambalan yang ideal.

Selain itu, kegiatan ini menajdi upoya mewujudkan Pramuka Indonesia yang tangguh dan akan mengisi pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Dalam Dianpinsa ini, diberikan materi berupa webinar bela negara, fundamental kepramukaan, kepemimpinan, SKU SKK SPG, dunia penegak, manajemen konflik, manajemen sangga dan organisasi penegak,

“Diberikan juga materi Sistem Administrasi Satuan Penegak dan teknik penyusunan program ambalan, pengelolaan web dan media sosial,musyawarah adat ambalan serta teknis rapat kerja ambalan, dan ragam upacara penegak,” katanya.

Ia menambahkan, materi secara luring disampaikan oleh Pusdiklatda dengan praktek secara langsung tentang Simulasi musyawarah, adat dan Proker, Tata/Ragam upacara kepenegakan. Adapun kegiatan malam Cakra yang dilaksanakan ada Api unggun dan Renungan.

“Kami masuk Binwil Banyumas yang terdiri dari Kwarcab Banyumas, Kwarcab Purbalingga, Kwarcab Banjarnegara dan Kwarcab Cilacap. Kegiatan dilaksanakan di Buper Kendalisada Banyumas,” katanya.

 

 

Tinggalkan Balasan